Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » KKM STAI AL-AULIA Gelar Sosialisasi Masyarakat Sehat Tanpa Narkoba

KAB. BOGOR - Dalam rangka membentengi dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (KKM STAI) Al-Aulia Cibungbulang Bogor menggelar Sosialisasi Masyarakat Sehat Tanpa Narkoba bagi para remaja, muda dan orang tua. Bertempat di Aula SMP IT At-Thohiriyah Rw 05, Desa Gunung Bunder I Kecamatan Pamijahan. Minggu, (03/03)

Dalam kegiatan tersebut hadir diantaranya, Rika Roamer. Sp Kasi P2M BNN Kabupaten Bogor, selaku nara sumber, Kepala Desa Gunung Bunder I Alamsyah, serta Pemuda karang taruna Desa Gunung Bunder I sebanyak 45 orang.

Kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki pola pikir, sikap dan terampil menolak baik itu penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba, khususnya bagi para remaja pemuda dan orang tua," ujar Jony ketua karang taruna Desa Gunung Bunder I

Mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran pihak masyarakat mulai dari pemerintah, para orang tua dan remaja berperan serta dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba. selain itu juga meningkatkan keterampilan dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di kalangan remaja dan masyarakat pada umumnya," tuturnya.

Ditempat yang sama Yuliyanti selaku ketua kelompok Mahasiswa KKM STAI STAI Al-Aulia Cibungbulang Bogor, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Masyarakat belajar mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan memberdayakan dirinya untuk tanggap dan berperang melawan penyalahgunaan narkoba," kata Yuli.

Sementara itu, Kepala Desa Gunung Bunder, Alamsyah menyambut baik dengan adanya kegiatan Sosialisasi masyarakat sehat tanpa narkoba. Karena kegiatan ini sangat penting bagi pembinaan pemuda di lingkungan Desa Gunung Bunder I, khususnya daerah Kp Masjid.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada KKM STAI Al-Aulia yang telah peduli kepada masyarakat Desa Gunung Bunder," ucapnya.

Rika Roamer, Sp. Kasi P2M Badan Narkoba Nasional Kabupaten Bogor menambahkan, bahwa permasalahan narkoba merupakan permasalahan global yang harus ditangani oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat mengingat kondisi saat ini dari ancaman narkoba sangat memprihatinkan di mana sebarannya bukan hanya di Kota besar saja akantetapi sudah masuk perkampungan dengan target sasaran tanpa pandang bulu semua bisa terkena oleh narkoba.

"Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 104 UU 35/2009 tentang Narkotika yang menyatakan bahwa masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika," jelasnya.

Menurutnya, melalui kegiatan sosialisasi masyarakat sehat tanpa narkoba ini tentunya merupakan langkah nyata yang dilakukan Mahasiswa KKM STAI Al-Aulia. Dan, ia menghimbau kepada masyarakat agar dapat merubah paradigma dimana korban narkoba atau pecandu narkoba jangan di tutup-tutupi atau dianggap aib, akan tetapi harus segera di tolong untuk dipulihkan.

"Hal ini sejalan dengan amanat pasal 54 UU 35/2009 tentang Narkotika yang menyatakan bahwa Pecandu Narkotika dan korban penyalahgunaan Narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial, selain melalui mekanisme rehabilitasi, pecandu atau korban penyalahguna narkotika dapat mengikuti wajib lapor sebagaimana diamanatkan pasal 3 dan 4 PP 25/2011," pungkasnya. (MY)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Comments System

blogger