Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » Hadi Alikodra : GTP Sebagai Gerakan Percontoh Untuk Lindungi Alam Sekitar

KOTA BOGOR - Para penggiat dan inisiator Gerakan Tanam Pohon (GTP) tak pernah mengenal lelah untuk kembali hijaukan Kota Bogor, kali ini kegiatan GTP yang ke 210 dilaksanakan di depan pintu gerbang perumahan Taman Yasmin Jalan Palem Raja II sektor 5, RW 10 Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor barat, Minggu (10/03/19).

Menurut Prof. Dr. Ir. Hadi S. Alikodra, MS Dewan Pakar Fakultas Kehutanan IPB menuturkan, kontur tanah Kota Bogor jika dilihat secara makro atau secara kewilayahan adalah daerah pertanahan ke atas, yang mana disitu ada hutan lindung pungsinya untuk melindungi daerah dataran rendah seperti Jakarta, Bekasi dan sekitarnya.

"Makanya kita harus memahami dalam hal gerakan-gerakan menanam atau penghijauan, dan jangan sampai tata guna lahan di salahgunakan karena akan menimbulkan bencana kedepannya. Sudah terbukti sekarang mulai terasa dengan iklim yang mulai panas, sering longsor, banjir, angin puting beliung inilah akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab terhadap alam," tuturnya.

Hadi menjelaskan, dengan Gerakan Tanam Pohon inilah salah satu bukti kita peduli terhadap lingkungan di wilayah, menanam, merawat dan menjaga kelestarian alam dengan cara penghijauan disekeliling kita.

"Ini adalah salah satu percontohan pergerakan dan tidak harus melalui organisasi atau kelompok, tapi kita bisa tanamkan dari diri masing untuk seyogyanya menjaga dan memelihara alam sekitar kita," jelasnya. (Sally)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply