Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » Tumbuhkan Semangat Pentingnya Sejarah Bangsa, Maung Band Hadir Untuk Masyarakat

KOTA BOGOR - Manusia Unggul Barisan Anak Negeri cinta Damai (MaUng Band) adalah salah satu band indie yang mengedepankan semangat nasionalisme. Band yang terdiri delapan personil ini dibentuk di Sumedang pada 20 Maret 2016 lalu. 

Menurut S.Negoro, Pembina MaUng Band, band yang digawangi sekelompok anak muda dari berbagai daerah di Indonesia ini dibentuk untuk menyemangati masyarakat agar tetap mencintai negeri ini.

"Bentuk semangat nasionalisme itu kami tuangkan dalam lagu. Ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menghormati dan menghargai sejarah bangsa," katanya usai menggelar preskon di Teras Makati, Ciapus Kabupaten Bogor, Rabu (16/01/2019).

Lagu-lagu ciptaannya seperti A3 (Asih, Asuh, Asah), Indonesia Jaya, Syukur, MaUng dan Indonesia Raja Dunia, lanjutnya, semua mengandung pesan moral bagi masyarakat seluruh Indonesia. 

"Semua untuk menanamkan kembali jiwa nasionalis serta mempertahankan identitas suatu bangsa yang hampir luntur dengan banyaknya industri musik yang masuk dari berbagai manca negara. Ini bisa mengakibatkan generasi muda kita bisa lupa akan identitas dari negaranya itu sendiri," ucapnya.

Ia menjelaskan, alasan dibentuknya MaUng Band berawal dari melihatnya bangsa Indonesia yang saat ini seperti kehilangan ingatan akan sejarah bangsanya sendiri.

Lupa ingatan sejarah ini, menurutnya, bukanlah hal yang dianggap enteng. Sebab, sebagaimana ghalibnya orang yang lupa ingatan, maka perilakunya menjadi tak terkendali, hilang kesadaran dan menjadi ngawur dalam melangkah dan menapaki proses kehidupan kekiniannya dan masa depannya.

"Ini juga bisa menyebabkan penyakit mental kronis dari sebagian besar anak bangsa kita. Penyakit mental ini berlanjut kepada rusaknya karakter kebangsaannya, dan tak mampu memelihara National Character Buildingnya. Maka dari itu MaUng Band dibentuk guna untuk mengajak, menyadarkan, dan meneguhkan kembali jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia melalui karya lagu yang sudah diciptakan MaUng Band," jelasnya. (MTH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar: