DPP LSM Garda RI Sikapi Persoalan Oknum Penyalur Tenaga Kerja Bodong

DPP LSM Garda RI Sikapi Persoalan Oknum Penyalur Tenaga Kerja Bodong

Bidik Nusantara
Jumat, 18 Januari 2019

KARAWANG - DPP LSM GARDA RI yang bermarkas di Perum Villa Permata Jalan Mangga 4 No 25 Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, saat ini sedang menyoroti masalah ketenagakerjaan diwilayah Kabupaten Karawang.

Persoalan tersebut diantaranya terkait maraknya oknum calo yang berkedok Yayasan Penyalur Tenaga Kerja, namun belum memiliki sepotong pun perizinan baik dari Pemerintah Desa, Kecamatan, dan Dinas Penanaman Modal Satu Pintu Kabupaten Karawang.

"Oknum - oknum tersebut jelas sangat merugikan bagi masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupapen Karawang dengan lolosnya PAD Pemkab, seperti diketahui oknum penyalur ilegal itu menerapkan biaya administrasi yang sangat tinggi. Bahkan sampai bernilai jutaan rupiah," ungkap Sekjen GARDA RI M. Iksan Maulana, SE saat ditemui di Mako DPP Garda RI, Jum'at (18/1/19)

Oleh sebab itu, lanjut Ikhsan, memancing segenap jajaran pengurus GARDA RI selaku kepanjangan tangan masyarakat dan pemerintah untuk bertindak membela hak dan kewajiban khususnya pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

"Kami akan melaporkan semua kegiatan penyaluran tenaga kerja yang mengatas namakan yayasan maupun perseorangan yang tidak terdaftar semua perijinan nya di Pemkab Karawang. Karena jelas hal ini merugikan masyarakat dengan tidak adanya jaminan dan kepastian hukum, apalagi oknum - oknum tersebut mematok biaya jasa penyaluran hingga jutaan rupiah," tegas Iksan.

lksan menambahkan, mulai hari Senin mendatang, pihaknya akan berkunjung ke Disnakertrans untuk menyampaikan surat Lapdu dan sejumlah daftar nama Yayasan yang di ketahui tidak berijin alias bodong.(Red)