Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » Mengenalkan Pramuka Bagi Generasi Muda

KAB.BOGOR - Dede S.Pd. Pembina pramuka sekolah Dasar mengatakan, semakin derasnya eraglobalisasi saat ini sangat menghawatirkan bagi perkembangan generasi muda saat ini, semakin hari semakin bayak generasi muda salah jalan dan hingga terjerumus ke lembah hitam.

Menurut Dede, dengan maraknya perkelahian pelajar di mana- mana maka solusi yang baik adalah salah satunya di sekolah itu lebih belajar mengenalkan Gerakan Pramuka pada siswa karna pada dasarnya di pramuka itu sendiri membentuk manusia seutuhnya yang memiliki budi perkerti yang luhur, cerdas, terampil serta berahklak mulia.

"Bayak asumsi yang beranggapan bahwa gerakan pramuka identik dengan pengembaraan serta penjelajahan atau pendidikan yang erat dengan tantangan," ungkap Dede yang kini menjabat pembina Pramuka sekolah Dasar SDN Cemplang 01 Kwaran Cibungbulang Babupaten Bogor

Dede berpendapat, bagaimana cara mengajak siswa untuk mencintai pramuka dan bisa ikut pramuka. Yaitu dengan memberikan contoh yang baik menjadi anggota pramuka bukan sekedar ikut_ ikutan. mulailah dari diri sendiri seiklhas mungkin dalam mengikuti serangkaian kegiatan.


"Jadilah pramuka yang bermanfaat dan berprstasi bukan sekedar mengejar jabatan semata. sudah tidak bisa di ragukan lagi bahwa gerakan pramuka bayak berkontribusi bagi negara ini, bayak kader kader muda dari anggota pramuka yang berhasil bembawa nama harum negri ini pencapian cita cita para pahlawan yang di impikan turut tercapai dengan semakin bayaknya generasi muda memasuki pramuka," paparnya.

Masi kata Dede, pilihan yang terbaik adalah ketika kita dalam kondisi apapun bisa bahagia dan menyukuri hidup ini. Kerja keras bagai kuda mengejar impian yang selalu di tertawakan ketika kita menceritakannya. Gapapa, jika impian kita di anggap gila berarti impian kita itu sudah benar, mau dibilang gak ngaca dengan kondisi ekonomi kita.. itu juga keren!

Seorang pramuka sejati selalu berusaha yang terbaik dalam keterbatasan, memiliki jika sosial tinggi dalam hidup ditengah masyarakat. Mengamalkan nilai-nilai pancasila, tri satya dan dharma pramuka dalam setiap sendi kehidupan. Bepegang teguh pada agama, norma dan budaya sebagai pemersatu bangsa. Motivasi Pramuka : Pramuka Hebat, Pantang Mengeluh dalam setiap keadaanya, baik suka duka dalam setiap perjuangannya, karena mereka yakin, selalu ada keberhasilan dibalik kegagalan dan usaha yang telah kita jalani. Salam Pramuka!


Sementara itu, Eko sukanto,S Pd.I selaku ketua komunitas pramuka gugus kece mengatakan, dilihat dari segi nama Pramuka itu sendiri memiliki akronim Praja Muda Karana, yang artinya Orang Muda yang Berkarya.

"Jadi sudah jelas bahwa esensi dalam kegiatan kepramukaan adalah melatih generasi muda dan memeprsiapkan mental serta wawasannya agar mampu memiliki keterampilan hidup (life skill), sehingga yang nantinya keterampilan atau kecakapan yang dimiliki dapat berguna dan dimanfaatkan di masa depan baik untuk dirinya sendiri dan masyarakat," katanya.

Eko menjelaskan, banyak orang-orang yang sukses dan memperoleh karir yang menjulang, itu berawal dari pendidikan dan latihan di kepramukaan. Kepramukaan juga merupakan salah satu media dalam latihan dasar kepemimpinan atau Leadership Basic Training (LBT)," jelasnya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply