Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MULAI DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH,INFRASTRUKTUR, DAN PROSES PEMBELAJARAN

BENGKULU - Kepala Sekolah SMP N 18 Kaur berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari program yang diterapkan untuk satuan pendidikan, mulai jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan SMP, sampai pendidikan menengah SMA maupun SMK.

Menurut Kepala Sekolah SMP N 14 Kaur Siprian Hadi SPd.I ada empat hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan, yaitu kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur dan proses pembelajaran," ungkapnya Siprian di ruang kerjanya kepada wartawan. Kamis, (18/10/2018).

Siprian mengatakan, kebijakan merupakan hal yang sangat penting, terutama kebijakan yang berlaku secara nasional. Seperti kurikulum dan ujian nasional termasuk kebijakan distribusi dan rekrutmen guru, kedua leadership atau kepemimpinan Kepala Sekolah juga penting di dalam school based management atau manajemen berbasis sekolah.

"Tergantung school based management, artinya leadership kepala sekolah, transparansi keuangan, hubungan ekosistem berjalan di sekolah antara guru dengan kepala sekolah, orang tua dengan guru maupun dengan siswa dan seluruh yang ada di satuan pendidikan, ekosistemnya harus jalan," katanya.

Menurutnya, kepala sekolah yang memiliki kreativitas dan inovasi bagus, bisa membuat sekolah yang dipimpinnya menjadi bagus juga.

Ketiga, infrastruktur yaitu, sarana dan prasarana yang berkaitan dengan kelas, laboratorium, maupun teknologi informasi dan komunikasi. Itu semua berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. "Apalagi sekarang dunia tanpa batas. Siswa bisa belajar tidak hanya dari guru dan buku yang ada, melainkan bisa belajar dari media sosial," paparnya.

Lebih lanjut Siprian menjelaskan, hal keempat yang tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah proses pembelajaran.

Menurut Siprian proses pembelajaran yang menyenangkan,berinovasi dan penuh kreativitas bisa mendorong anak-anak terbangun motivasinya. Namun, proses pembelajaran juga tergantung dari potensi guru, kecakapan guru, serta kemampuan guru," pungkasnya. (MIRWAN)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply