Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » Publikasi Kinerja DPMD Kabupaten Bogor Oktober 2018

Berbagai Pelaksanaan Kegiatan DPMD Kabupaten Bogor

  • Pembukaan kampung anak sejahtera di Desa Cibatok II Cibungbulang


Dalam rangka penanganan kasus stunting atau kekurangan gizi kronis pada anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI bekerjasama dengan Food bank of Indonesia (FOI) meluncurkan program Kampung Anak Sejahtera (KAS) di Desa Cibatok 2, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Program KAS kali ini diresmikan di Desa Cibatok Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, dengan dihadiri oleh Camat Cibungbulang, Bapeda Litbag Bogor, dan dinas terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan Bogor, Dinas Perikanan dan Peternakan Bogor, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak, dan UPT PPA wilayah V. Pada kesempatan ini sekaligus dilakukan Pelatihan Gizi dan Kesehatan bagi keluarga di Desa Cibatok. 



Sedangkan kegiatan pengayaan lain seperti Pelatihan Penguatan Peran Keluarga dan Pelatihan Pengelolaan PMT berbasis pangan lokal juga dijadwalkan akan dilakukan di daerah program KAS berlangsung.

KAS ini menjadi program pendampingan masyarakat untuk mencegah stunting dan gizi buruk pada anak, Satu di antaranya adalah memberikan asupan gizi yang baik, sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kurangnya gizi ini menyebabkan fenomena stunting dimana kondisi gizi buruk yang ditandai dengan tubuh kecil atau pendek. Anak-anak yang menderita stunting rentan terhadap penyakit, menurunnya tingkat intelegensia, dan produktivitas yang rendah.


  • Rapat Evaluasi Pendataan Sistem Informasi Desa (SID)


Sebagai salah satu Perangkat Daerah yang memfasilitasi program kegiatan sistem informasi desa yang dikelola dan digunakan oleh Pemerintah Desa sebagai sarana menyimpan berbagai berita yang dilakukan oleh Pemerintah Desa bagi pihak yang memerlukan data dan infromasi mengenai berita perkembangan di suatu desa, DPMD menggelar Rapat Evaluasi Pendataan Sistem Informasi Desa (SID).

Acara ini dilakukan pelaksana dan tenaga ahli DPMD Kabupaten Bogor, diikutioleh petugas pendata dari Desa, membahas kegiatan pendataan yang dilakukan oleh setiap petugas dan mencari solusi atas permasalahan yang timbul pada kegiatan tersebut.

  • Sosialisasi Pilkades antar waktu (PAW)

Mengacu pada Perbup No 29, Tahun 2014 dan Perbup No 41, Tahun 2016 serta Perda 6 Tahun 2015 tentang desa, DPMD gencar menggelar sosialisasi pilkades antar waktu (PAW) salah satunya di Desa Buana jaya Kecamatan Tanjungsari.

Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala Seksi Aparatur Pemdes DPMD dan Staf pelaksana, difasilitasi dan di pandu oleh Unsur Kecamatan Tanjungsari, dihadiri Unsur Pemdes Buana jaya, Panitia Pilkades, dan Tokoh Masyarakat Desa Buanajaya, membahas tahapan pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini terkait sisa waktu jabatan kades yang telah habis masa tugasnya, atau diberhentikan dan meninggal dunia serta mengundurkan diri. Semua tertuang dalam keputusan bupati mengenai pemberhentian tersebut," Kasi Aparatur Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Bogor Jamaludin.

Dalam kegiatan ini, masyarakat diberikan pengetahuan mengenai tata cara pemilihan, pendaftaran calon, tugas panitia dan BPD itu sendiri. Terkait mekanisme pemilihan, tidak semua masyarakat memiliki hak pilih, hanya tokoh masyarakat, LPM, BPD dan unsur tokoh agama.


  • Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pilkades Tahun 2018

Kegiatan ini dibuka dan dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa di dampingi Kepala Seksi Aparatur Pemerintahan Desa berserta Staf, membahas tahapan pelaksanaan Pilkades kepada 19 Desa di 12 Kecamatan yang dihadiri oleh Camat, serta perwakilan dari Desa yang akan melaksanakan Pilkades.

  • Kegiatan Sistem Informasi Desa (SID) Tahun 2018

Kegiatan ini dilakukan oleh DPMD Kabupaten Bogor sebagai salah satu Perangkat Daerah yang memfasilitasi program kegiatan sistem informasi desa,yang akan digunakan oleh Pemerintah Desa sebagai sarana penyimpanan data, dan pemberitahuan kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa kepada pihak yang membutuhkan data atau berita di suatu Desa.

  • Kegiatan Sosialisasi Kawasan Perdesaan Tahun 2018

Acara ini diikuti oleh Unsur Bidang Sarana Prasarana Kewilayahan DPMD Kabupaten Bogor, sebagai pengelola kegiatan tersebut, juga dihadirioleh Perangkat Daerah Kabupaten Bogor lainnya yang menangani kegiatan ini, membahas persiapan dankemungkinan munculnya permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan dimaksud.

  • Rapat Kerja dan Pembahasan SOTK DPMD Tahun 2019

Acara ini dibuka dan di pimpin oleh Kepala DPMD Kabupaten Bogor, dihadiri Sekretaris, Para Kepala Bidang, Kepala Seksi, dan Kasubag lingkup DPMD serta Staf Pelaksana Subag Program, membahas program kegiatanTahun 2018, dan Tahun 2019, sertarencana perubahan struktur organisasi dan tatakerja DPMD.


  • Rakor Penyusunan APBDes dan PADes


Acara ini dibuka dan dipimpin oleh Kepala DPMD didampingi Kepala Seksi Pendapatan dan Kekayaan Desa, dihadiri Perangkat Daerah terkait di Kabupaten Bogor, perwakilan dari Unsur Kecamatan, dan Unsur Desa, membicarakan tahapan dan mekanisme penyusunan APBDes dan PADes sebagai pedoman Pemerintahan Desa dalam menjalankan roda pemerintahan. (Red)

Sumber : Prolap DPMD Kabupaten Bogor, Oktober 2018

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply