Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » MR Kan: Mr.Kan : Berdasarkan KUHAP Saksi Adalah Kewajiban Mutlak

JAKARTA - Sebagai warga negara yang taat hukum. Setiap orang memiliki hak dan kewajiban, disaat seseorang dipanggil sebagai saksi guna untuk memberikan keterangan dalam penyidikan atau penuntutan dan peradilan didalam suatu perkara pidana oleh penyidik atau oleh majelis hakim.

Oleh sebab itu sebagai saksi wajib untuk hadir, jika saksi dengan sengaja tidak hadir tanpa memberikan alasan yang wajar atau patut, maka berdasarkan pasal 224 ayat 1 KUHP saksi akan diancam hukuman pidana penjara paling lama sembilan bulan.

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban untuk dipanggil sebagai saksi diatur berdasarkan pasal 1 angka 26 KUHAP dan pasal 112 ayat 1 KUHAP.

Saya rasa disaat seseorang warga negara dipanggil sebagai saksi oleh penyidik atau oleh majelis hakim adalah suatu kewajiban yang mutlak dan harus terpenuhi.

Menurut pengamatan saya, apabila seseorang dipanggil sebagai saksi tidak patut membuat suatu berita yang heboh, karena sebagai saksi hanya dan cukup memberikan keterangan apa yang diketahui sendiri, dilihat sendiri, dialami sendiri dan atau dipahami sendiri yang bersifat objektif.

Terkecuali seseorang saksi akan merasa berat, apabila seseorang yang dipanggil sebagai saksi. Patut diduga memiliki atau mengalami suatu ganjalan yang berpotensi terjerat turut serta berperan didalam serangkaian kasus perkara pidana tersebut, jika saksi tidak ada suatu rasa ganjalan dan alasan yang wajar atau patut untuk apa ada rasa berat hingga membuat suatu berita yang heboh saat dirinya dipanggil sebagai saksi ?

Sumber rilis: Mr.Kan Pengamat Hukum.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply