Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » HSN 2018, 43 Ponpes Ikuti MTQ Dan MQK Tingkat Kota Bogor

KOTA BOGOR - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Bogor kembali mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Musabaqoh Qira'atil Kutub (MQK) kedua sekaligus memperingati  Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kota Bogor Tahun 2018.

Diikuti oleh 48 Pondok Pesantren (Ponpes) dari 134 ponpes yang ada di Kota Bogor, MTQ dan MQK berlangsung selama dua hari pada 12-13 Oktober 2018 di Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), Kota Bogor.

Ketua Penanggung Jawab Kegiatan, H. Ahmad Baedowi mengatakan, kegiatan ini untuk menunjukan bahwa di Kota Bogor masih banyak santri dan sebagai ajang evaluasi untuk mengukur sejauh mana kemampuan santri - santri yang ada dalam hal menguasai kitab kuning.

"Mudah - mudahan melalui kegiatan ini kita bisa mengetahui keberadaan santri dan pesantren dengan data base yang valid karena kedepan pesantren - perantren yang ada di Kota Bogor ini harus dibuat data base sebaik mungkin terkait dengan Undang - Undang serta Peraturan Gubernur (Pergub) terbaru tentang pesantren yang akan digulirkan oleh pemerintah," ucap Kyai Baedowi sapaan akrabnya.

Kyai Baedowi yang juga sebagai Ketua Forum Ponpes Kota Bogor menambahkan, perkembangan ponpes dan santri di Kota Bogor relatif bagus dan baik karena ponpes sekarang ini bukan hanya mengajarkan pendidikan untuk mengaji kitab kuning saja, melainkan sesuai dengan peranturan kementerian bahwa pesantren boleh menyelenggarakan satuan pendidikan.

"Jadi berdasarkan peraturan itu, saat ini santri tidak perlu mengais pendidikan diluar dari ponpes, seperti halnya ponpes modern," katanya.

Sementara itu, untuk santri - santri yang telah mengikuti MTQ dan MQK tingkat Kota serta memiliki kualitas, akan dipersiapkan untuk diikutsertakan pada MTQ dan MQK tingkat provinsi sebagai perwakilan Kota Bogor ditingkat nasional. (MTH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply