Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » Bupati Kampar H. Azis Zaenal, SH Terima SPIP Level 3 dari BPKP Riau

RIAU, KAB. KAMPAR - Bupati Kampar H. Azis Zaenal, SH, MM menghadiri dan menerima penyerahan hasil penilaian (Quality Assurance) Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), level 3 Pemerintah Kabupaten Kampar yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau bertempat aula Rumah Dinas Bupati Kampar. Kamis, (11/10/18)

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin, Asisten II Setda Kampar Azwan, Asisten III Setda Kampar Nurhasani, Kepala Inspektorat Kampar Muhammad, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-Kabupaten Kampar dan para Super Assesor, Assesor serta Counter Part SPIP se-Kabupaten Kampar.


Bupati Kampar, H. Azis Zaenal, SH, MM mengatakan, Kabupaten Kampar sudah menyatakan komitmen untuk sepakat diantara kepala OPD untuk membenahi sistem berikut orangnya yang menempati jabatan sesuai bidang ilmu.

"Sepakat dalam artian mereka mengerti dengan tugasnya masing-masing, mental dan karakter yang harus diperbaiki karena setiap kerja yang dilakukan akan di awasi. Banyak pengawasan mulai dari Inspektorat, BPK, KPK, ditambah aparat penegak hukum. Mulai dari jaksa, LSM dan Wartawan serta masyarakat sendiri terlebih dari semua itu oleh pengawas utama yaitu Tuhan (Allah) yang selalu mengawasi," ungkap Azis.

Oleh karena itu bupati mengajak semua pihak memperbaiki kualitas, sistem dan moral serta prilaku pelaksanaan itu sendiri. Sehingga menjadi optimal dalam menjalankan tugasnya dan tidak mudah terkontaminasi faktor eksternal.

"Kami bertekad bersama - sama dengan SPIP level 3 yang akan menjadi cambuk bagi kami, untuk lebih baik lagi. Apalagi kalau bisa dengan bimbingan dari BPKP Provinsi, kiranya dapat mengirimkan satu orang perwakilan sebagai pendamping guna memberikan pelatihan dan pembinaan kepada setiao OPD di Kabupaten Kampar, tentang bagaimana membuat pelaporan dan administrasi yang baik dan benar. Sehingga ke depan bisa mewujudkan SPIP yang terintegrasi oleh Daerah, ditambah lagi dengan di dukung oleh peraturan Bupatinya," tutur Aziz.

Kepala BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin memaparkan, SPIP merupakan salah satu upaya untuk pencegahan sekaligus pengurangan terjadinya korupsi dan kesalahan dalam membuat laporan keuangan. Karena, semua laporan keuangan yang dibuat OPD akan diperiksa oleh BPKP, sehinga jangan sampai terjadi kesalahan yang berujung ke hukum nantinya.

"Kampar sudah jauh lebih baik, maknanya meraih penilayan level 3. Dalam hal laporan keuangannya terlihat dengan diterimanya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah 2 kali dari KPK perwakilan Provinsi Riau di tahun anggaran 2017 dan 2018," paparnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kampar Drs. Muhammad, M.Si menjelaskan, perjalanan dan perjuangan Kabupaten Kampar sehingga meraih maturitas SPIP level 3 (Level Terdefinisi). Karena, telah memenuhi 5 unsur maturitas SPIP pada 12 OPD dari bulan September sampai Desember 2017 yang meliputi unsur lingkungan pengendalian, unsur penilaian resiko, unsur pengendalian, Informasi dan Komunikasi serta pemantauan," pungkasnya. (Renaldi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply