Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» »Unlabelled » Renovasi Halaman Pelaza Balai Kota Berbahan Batu Andesit Senilai Hampir Rp1 Miliar

KOTA BOGOR – Setelah sempat mengalami gagal lelang pada pertengahan bulan Agustus lalu, proyek renovasi halaman depan Plaza Balai Kota Bogor, Jalan Juanda, Kecamatan Bogor Tengah akhirnya terlaksana. 

Lapangan yang berukuran 150 meter persegi yang kini bermaterialkan keramik itu, nantinya akan berganti menjadi berbahan batu andesit senilai hampir Rp1 Miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Umum pada Setda Kota Bogor Yadi Cahyadi mengatakan, usai dilakukan lelang ulang pada pertengahan Agustus silam, proyek merenovasi lapangan yang kerap digunakan untuk upacara di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah masuk pekerjaan sejak Senin (10/9).

Tapi karena ada pembukaan Istana Untuk Rakyat (Istura) pekan lalu, sehingga ditunda dan hanya ditutup saja. "Mulai pengerjaan akhir pekan lalu. Lapangan Plaza ini kan sudah berpuluh-puluh tahun tidak mendapat perbaikan, ada yang rusak-rusak, licin dan silau juga," ucap Yadi beberapa waktu lalu.

Mantan Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) ini menambahkan, konsep perubahan nantinya tidak hanya sekedar merubah materi lantai saja, tetapi juga menyisipkan nilai seni, sehingga enak dilihat. 

Biasanya, lanjutnya, renovasi pemasangan lantai hanya begitu-begitu saja, dan terkesan monoton. Makanya, konsep yang nanti diterapkan akan kumpulan batu andesit berpola bunga bangkai.

"Awalnya bentuk kujang. Setelah proses, jadinya gambar bunga bangkai. Nilai seni-nya lebih kelihatan, lagi pula khas Kota Bogor juga kan. Bunga khas yang ada di Kebun Raya Bogor (KRB). Proses perencanaan itu mah tidak lama, dua minggu sampai sebulan lah," ungkapnya.

Masih kata Yadi, nantinya batu full andesit yang dipasang pun akan dilengkapi lampu tanam di tiap garis corak, sehingga menyala pada malam hari dan terlihat pola bunga bangkai. Sehingga pola terlihat dari atas, dan dari jalan juga, karena kemiringan jalan dengan Plaza Balai Kota. 

"Pengerjaan renovasi ditarget satu bulan rampung. Meskipun dalam kontrak kerja, CV Sakala Swarna Saba selaku kontraktor diberi waktu 100 hari pekerjaan. Jadi selama itu ya ditutup dulu," paparnya.

Terkait anggaran yang nilainya fantastis itu, Yadi menjelaskan, bahwa materi yang digunakan memang materi batu andesit terbaik, dan yang bukan biasa digunakan sebagai lantai pedestrian. "Lebih bagus, makanya memang agak mahal. Tapi berkualitas, nanti kelihatan pada saat sudah selesai," tandasnya. (MTH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply