Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » Ponpres Daarul Ulum Peringati 1 Muharam 1440 H

KOTA BOGOR - Lantunan suara dzikir dan doa bersama menggema di pondok pesantren modern Daarul Uluum, Jalan Durian Raya, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (11/09/2018).

Pada kesempatan itu, tampak tidak hanya para santri, alumni pesantren yang datang dari berbagai daerah termasuk masyarakat turut berbaur melantunkan dzikir dan memanjatkan doa bersama untuk memperingati 1 Muharram 1440 Hijriah sekaligus milad pesanten dan haul pendiri pesantren Alm. KH. Elon Syuja'i dan Hj. Siti Aisyah. 

"Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kita mengawali dengan berbagai kegiatan baik yang bersifat religi maupun kreativitas, termasuk ziarah akbar ke makam pendiri ponpes," kata Kepala Madrasah Aliyah Daarul Uluum, Hasbullah Al-Ghazali.

Hasbullah menuturkan, acara puncak ini sangat disambut antusias dengan dihadiri sekitar 2.000 santri yang berasal dari empat ponpes Daarul Uluum yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor termasuk daerah Banten. "Alhamdulillah acara ini juga dihadiri para alumni dan tokoh masyarakat bahkan tadi ada yang mengaku alumni tahun 60-an," ungkapnya.

Hasbulloh melanjutkan, bahwa ponpes Daarul Uluum sudah berdiri hampir 70 tahun sejak dirintis pada tahun 1949 silam. Setiap dekade ponpes ini mengalami perubahan nama. Pertama kali didirikan oleh Alm. KH. Elon Syuja'i ponpes ini bernama Sukamanah yang kemudian berubah menjadi Al-Syuja'iah medio tahun 70-an hingga akhirnya Daarul Uluum digunakan sampai saat ini setelah diubah pada medio tahun 80-an. 

"Sekarang kita juga sedang menjajaki untuk pengembangan ponpes yang akan didirikan di daerah Sukabumi dan Cianjur. Saat ini sudah berdiri empat ponpes di Bogor dan Banten," katanya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berharap KH. Elon Syuja'i yang kiprahnya di dunia pendidikan pesantren, namanya bisa diabadikan menjadi sebuah nama jalan, misalnya untuk Jalan Regional Ring Road (R3) yang berdekatan dengan ponpes Daarul Uluum. 

"Ide ini sebagai bentuk penghormatan terhadap tokoh masyarakat Bantar Kemang di sini (KH. Elon Syuja'i, red) untuk menjadi salah satu nama jalan yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor. Kita dari para alumni akan menyampaikan surat kepada pihak terkait bagaimana tata cara pengajuan seperti apa," imbuhnya.

Saat ini, tambahnya, Daarul Uluum bukan hanya pada tataran pendidikan pesantren saja, tetapi didorong juga pada tataran ekonomi, sosial dan dakwah. Seperti ponpes Daarul Ulum di Sukaraja tengah merintis perumahan berbasis pesantren. 

"Untuk bidang sosial, kami menyiapkan lembaga dompet dana umat Daarul Uluum. Artinya untuk masyarakat yang kurang mampu tapi ingin masuk pesantren akan dijadikan anak asuh bagi donatur. Bahkan para alumni diberikan kesempatan untuk mengambil salah satu anak asuh di setiap angkatan. Ini sebagai peran dalam mencerdaskan bangsa dan mengenalkan sistem pendidikan pesantren kepada masyarakat," pungkasnya. (MTH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply