Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » Peringati Hari Koperasi Kota Bogor Ke-71 tahun 2018, Dekopin Kota Bogor Menggelar Konsorsium

KOTA BOGOR - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Kota Bogor Ke-71 tahun 2018, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor serta Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Bogor menggelar konsorsium dengan menyepakati kerjasama (MoU) bersama para stake holder, pemerintah dan asosiasi dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin), hotel, retail dan anggota koperasi lainnya.


Penyepakatan kerjasama yang bertemakan membangun konsorsium, penguatan peran operasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam perekonomian masyarakat Kota Bogor, berlangsung di Lapangan Ruko Botanica, Kelurahan Sindang Barang, Kecamatan Bogor Barat, Senin (03/09/2018).


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Anas S Rasmana menuturkan, koperasi ini sesuai dengan tuntutan dari masyarakat serta pemerintah kota agar Koperasi dan UKM benar - benar bisa ikut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu agar kongkret hasilnya dibuatlah konsorsium.


"Konsorsium ini untuk membuat beberapa kegiatan bisnis. Pertama adalah kawasan bisnis yang memuat tiga kegiatan (jual beli, workshop, klinik desain), membuat minimarket yang melibatkan semua konsorsium," tuturnya.


Dengan seperti itu, sambungnya, jangan lagi memikirkan modal karena sudah ada Bank Jabar, BRI, Bukopin, jangan lagi memikirkan pemasaran karena ada retail, mall, lippo, trans, botani. Selain itu, konsorsium yang dibuat terdiri dari 24 stake holder (hotel, restoran, retail, koperasi, paguyuban UKM). 


"Saat ini Koperasi yang ada di Kota Bogor berjumlah 831 dan menyumbang ke Produk Domestik Bruto (PDB) kurang lebih 7 persen, di atas nasional yang hanya 4 persen dengan anggota 26 juta (156.000). Tentu hal ini sangat membanggakan dan harus tetap dikembangkan," jelasnya.


Anas menambahkan, kedepan koperasi akan menjadi perusahaan milenal yang sama ganasnya, garangnya, sama eksplosifnya dengan perusahaan swasta namun penanganannya corporate. 


"Melalui Hari Koperasi Kota Bogor Ke-71 ini akan menjadi momen penyemangat, serta membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat menjadi tokoh koperasi," tambahnya.


Sementara itu, Ketua Dekopin Kota Bogor, Jajat Sudrajat mengucapkan terimakasih kepada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor dibawah kepemimpinan Bapak Anas S Rasmana dimana keberadaan koperasi di Kota Bogor lebih hidup serta bersama Dekopin lebih sinergi.


"Pada suasana kebersamaan dan harmonis seperti ini yang membangun motivasi kepada anggota sehingga menjadi energi positif untuk terus bergerak dan mengoptimalkan potensi yang ada salah satunya dengan menggagas konsorsium antar koperasi - koperasi," ngkapnya.


Sudah disampaikan juga, tambahnya, bawah Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi tahun kemarin setelah digabung ada 42 koperasi, SHUnya bisa mencapai Rp10,427 juta. 


"Jadi setengahnya saja dari SHU dibuat untuk usaha sehingga berpeluang profitnya yang lebih besar tidak hanya yang kecil - kecil saja. Dengan seperti itu, keuntungannya jadi bisa dibagikan kembali kepada anggota," ungkapnya.


Jajat pun menilai, koperasi di Kota Bogor ini cukup sehat dan terbukti aset dari keseluruhan 42 koperasi mencapai Rp117,583,132,369. 


"Jadi dengan capaian 42 koperasi itu cukup sehat dan bagus. Hanya tinggal mereka bagaimana mengembangkannya lebih lanjut. Misal jika mereka melakukan usaha kemudian usahanya maju tentu itu bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan," imbuhnya.


Jajat berharap, di Hari Koperasi Kota Bogor Ke-71 ini bisa membuat semakin kuat dan sejahtera anggotanya. "Jika anggota kuat, Insya Allah koperasinya khususnya masyarakat ikut demikian," pungkasnya.


Terpisah, Ketua Paguyuban UMKM Kota Bogor, Kushermayanti yang turut hadir berharap pada Hari Koperasi Kota Bogor Ke-71, koperasi dan UKM bisa menjadi penyandang peningkatan perekonomian terutama untuk Kota Bogor, bangsa dan negara. (MTH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply