Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» »Unlabelled » Pemdes Gunung Geulis Kembali Dikunjungi Tim verifikasi KRL Award Kabupatenku Green And Clean

KAB.BOGOR - Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, kembali menerima kunjungan tim verifikasi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Award Kabupatenku Green and Clean 2018, dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, di Saung Gugeul Bestari, Kampung Ramah Lingkungan di RT 01/RW02.

Kepala desa (Kades) Gunung Geulis, Martin Menteng menuturkan, verifikasi ini merupakan verifikasi tahap ke 2 (dua). Adapun yang menjadi indikator penilaian lomba tersebut meliputi kebersihan lingkungan, kepengurusan KRL, komunitas yang aktif dan telah membuat berbagai program lingkungan, adanya bank sampah, komposting, kegiatan penghijauan dan biopori serta sanitasi.

"Kunjungan tim verifikasi ini merupakan yang kedua kalinya, setelah dinyatakan lolos dalam verifikasi tahap pertama mewakili Kecamatan Sukaraja diantaranya desa Cilebut Timur dan Desa Gunung Geulis," tuturnya kepada wartawan saat persiapan menyambut kedatamgan tim verifikasi, Senin (17/9/18).

Martin mengungkapkan, bahwa program tersebut telah dirancang sejak awal tahun 2018 dan masuk di dalam APBDes Desa Gunung Geulis melalui pemberdayaan masyarakat melalui penataan kawasan lingkungan terpadu.

"Karena kedepannya kebijakan pembangunan bukan lagi kepada infrastruktur, tetapi bagaimana memberdayakan masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan. Salah satunya menata lingkungan," ungkapnya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini masyarakat sangat antusias, pihaknya hanya memfasilitasi sehingga masyarakat lebih banyak berperan. Masyarakat memiliki keinginan dan berupaya untuk merubah lingkungannya kearah yang lebih baik, sehingga menjadi lingkungan bersih dan sehat.

Ia berharap, dengan adanya KRL ini bisa memacu masyarakat di RW lainnya agar nantinya bisa muncul KRL-KRL baru. Tidak hanya karena ada award, tapi sudah menjadi bagian dari masyarakat untuk merubah pola hidup dan lingkungannya menjadi kampung yang bersih dan ramah lingkungan secara berkelanjutan.

"Sebagi pilot projectnya di RW 02 ini dan kedepannya diterapkan oleh semua warga desa gunung geulis," harapnya.

Sementara itu, Ketua KRL Saung Gugeul Bestari, Jumiati mengatakan, Program Kawasan Ramah Lingkungan (KRL) juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan, salah satunya dari Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Bank Sampah.

"Alhamdulillah, dengan adanya program ini sangat berdampak baik terhadap perekonomian rumah tangga dan membantu meringankan biaya kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Bogor Kabupatenku Green and Clean merupakan implementasi pengelolaan lingkungan pemukiman dan sekolah di Kabupaten Bogor menuju lingkungan yang sehat melalui penanaman budaya ramah lingkungan dengan melibatkan peran serta seluruh stakeholder pembangunan.

Dalam hal pengelolaan sampah, pengelolaan air dan sanitasi, maupun pelaksanaan konservasi, penghijauan dan penataan lingkungan dengan mengembangkan berbagai inisiatif yang potensial menciptakan kampung ramah lingkungan, sekolah adiwiyata dan kawasan usaha yang berbudaya lingkungan. (Gandi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply