Ads




» » » » » » PTPP-BPPT Bekerjasama Dengan Komisi VII DPR-RI Menggelar Diseminasi Teknologi Budidaya Ikan Nila

KOTA BOGOR - Budidaya ikan air tawar dapat menjadi pilihan dalam  pemenuhan program ketahanan pangan nasional, dalam memenuhi ketersediaan pangan protein hewani khususnya ikan. Mendukung program nasional ini, BPPT melalui Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP-BPPT), bekerjasama dengan Komisi VII DPR-RI menggelar Diseminasi Teknologi Budidaya Ikan Nila Unggul di Aula PUI, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (05/08/18).

Tatang Suharya pengurus Himpunan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan juga perwakilan dari BPPT Kota Bogor menuturkan, kegiatan ini sangat positif dalam memberikan informasi kepada masyarakat. "Saya mewakili kawan-kawan KTNA mengapresiasi dengan kegiatan seperti ini, Awalnya mengenai ikan hias, namun kini meningkat ke ikan konsumsi yang menjadi kebutuhan sehari - hari," ucapnya

"Sekarang bukan hanya itu saja, konsumsi ikan juga sangat di butuhkan, dengan adanya kegiatan ini kita bisa kembangkan teknologi yang ada melaui sistem pengembangan, selain itu masalah pakan juga kerap di keluhkan oleh parapetani karna sekarang ini harganya luarbiasa.

Untuk menghadapi hal seperti yang tadi saya sampaikan, kami akan membuat suatu alternatif minimal sama seperti produk pabrikan namun belum di patenkan, tapi minimal bisa bersaing dengan pakan-pakan pabrikan. ujar Tatang.

Sementara itu anggota DPR RI komisi VII Joko Purwanto menambahkan, dengan kegiatan seminar ini setidaknya kami bisa memberikan informasi kepada masyarakat kota Bogor khususnya para peternak ikan Nila, dimana dari kajian mitra kerja kami di komisi VII salah satunya BPPT melakukan terobosan yaitu penemuan ikan Nila Nirwana, ikan ini  di angkat menjadi sesuatu bibit yang memungkinkan agar lembaga pemberdayaan menjadi lebih baik ke depan.

"InsyaAllah setelah ini di berdayakan dan di budidayakan itu bisa memberikan nilai tambah kepada para peternak ikan," kata Joko.

Politisi yang kembali mencalonkan diri menjadi Caleg DPR RI dari Fraksi PPP Dapil Kota Bogor-Cianjur pada Pileg 2019 ini mengatakan, melihat kondisi Kota Bogor geografisnya berbeda dengan wilayah Sukabumi, jadi untuk saat ini yang baru kita bicarakan adalah inovasi temuan bibit ikan nila nirwan. yang nantinya akan kita tindak lanjuti dengan pertemuan berikutnya, untuk bagaimana membicarakan tataran kegiatan ekonomi terhadap pemberdayaan ikan ini.

"Jadi kita akan melakukan pertemuan lanjutan kemudian kita bicarakan bagaimana pemberdayaan ikan nila ini, bagaimana permodalannya, bagaimana persoalannya, dan bagaimana pemasarannya hingga apa yang kita lakukan ini menjadi sesuatu yang lebih manfaat kedepanya" tandasnya.

Peserta kegiatan yang khusus dari wilayah kecamatan Bogor Selatan ini menurut nya sangat luar biasa dan sangat antusias mereka mengikuti kegiatan seminar ini juga cukup responsif dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup mengejutkan, setidaknya pertanyaan itu menjadi suatu bentuk perhatian dan apresiasi terhadap apa yang di berikan tidak hanya sekedar duduk mendengarkan dan pulang. (MTH)

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply