Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » Nuansa Merah Putih Hiasi Ngaben Massal di Pesaban

BALI - Nuansa merah putih hiasi pengabenan massal  bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Desa Pesaban, Rendang,Karangasem, Jumat (17/8)

Ribuan masyarakat Pesaban dengan mengenakan pita merah putih di kepala saat mengusung bade serta penulangan atau tempat tulang jenazah, sedangkan  bagi yang wanita mengenakan baju putuh dengan ikat pinggang berwarna merah.

Nuansa merah putih ini juga terlihat sebelum pengusungan bade dan penulangan dilakukan acara megenjekan atau olah vokal tradisional ala Karang Asem dengan menyanyikan lagu merah putih versi Bali.

Sebelumnya Bupati Karang Asem,  IGA Mas Sumatri menyapa masyarakat Desa Pesaban, Rendang, Karang Asem yang sedang khsusuk mempersiapkan upacara ngaben massal.

"Ini merupakan wujud nyata dari visi cerdas dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana yang menjadi bagian daripada visi dan misi program kami," kata Bupati Mas Sumatri saat berkunjung ke Peyadnyan Ngaben Massal, Pesaban, Rendang, Karang Asem, Kamis (16/8).

Tri Hita Karana yang dimaksud Bupati pertama wanita di Bali ini mengatakan hubungan manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan Manusia dan Hubungan Manusia.

"Saya secara pribadi dan atasnama Pemerintah Kabupaten Karang Asem sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan ini," ungkapnya.

Pada kesempatan, Bupati Karang Asem juga tirut mendoakan agar upacara pengabenan massal Desa Pesaban berjalan tanpa hambatan.

Selain itu, Bupati Sumatri juga menyinggung soal pemanfaatan objek wisata Bukit Jambul. "Objek wisata ini sangat baik, itu kegiatan wisata kuliner," jelasnya.

Ia berharap para pemuda dan pemudi yang potensial ikut membangun desanya. Selanjutnya para pemuda serta pemudi berkumpul untuk membentuk tim menggarap potensi potensi yang ada di desanya. (Tim IWO Karang Asem)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply