Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » IWO Bogor Raya Dan Aktivis MPB Ikuti Sosialisasi Pembuatan Akta Kelahiran Online

KAB.BOGOR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor melakukan sosialisasi pembuatan akta kelahiran melalui online semangat.kab.bogor.go id, Kamis (16/8/18).

Sosialisasi yang dilaksanakan di ruang rapat lantai 2, Kantor Disdukcapil Kabupaten Bogor dibuka oleh Sekretaris Disdukcapil Ahmad Sopian diikuti oleh aktivis dari Masyarakat Pejuang Bogor (MPB) dan Awak media yang tergabung dalam organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Bogor Raya untuk mengetahui tentang alur pembuatan akta kelahiran secara online.

"Ada Produk hukum 14 status kewarganegaraan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil, salah satunya adalah pembuatan akta kelahiran", jelas Ahmad Sopian didampingi Kepala bidang pelayanan, Trini dan M. Naseh serta staf Disdukcapil lainnya.

Dikatakannya, semangat.bogorkab.go.id adalah produk disdukcapil untuk mempermudah masyarakat membuat akta kelahiran dengan sistem online, "sehingga masyarakat tidak perlu mengantri seperti pembuatan manual," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua MPB Atiek Yulis Setyowati mengapresiasi adanya sistem pembuatan akta kelahiran ini online ini. "Ini pertama kali untuk kami, harus ada pelatihan lanjutan hingga anggota relawan militan MPB dapat turut membantu masyarakat secara nyata di berbagai kecamatan tempat tinggalnya lewat aplikasi online ini", ungkapnya.

Senada dengan ketua MPB, Ketua Ikatan Wartawan Online, Didin yang akrab disapa Brodin ini mengungkapkan, jika masyarakat menggunakan aplikasi ini, tidak perlu antri. Dan, akta kelahiran selesai hanya 5 hari kerja.

"Namun sumber daya kader, relawan harus ditambah, dibekali ilmunya agar dapat efektif dan efisien membantu masyarakat dari mulai daftar online via web atau portal tersebut, mengingat banyaknya penduduk di kab Bogor, " kata Brodin.

Ditempat terpisah Wawah (35) mengungkapkan kekecewaan karena akta kelahiran anaknya belum juga selesai di program Dinas Pendidikan dan Disdukcapil Kabupaten Bogor.

"Belum jadi akta kelahirannya anak saya yang sekolah di SMP, setelah program itu berkas dan uang administrasi sudah diselesaikan, namun hingga satu setengah tahun menunggu tak ada kejelasan pasti", ungkapnya Minggu (19/08).

Ia berharap, dengan adanya pelayanan online semangat.kabbogor.go.id ini dapat menjadi penuntasan masalah proses pembuatan administrasi kependudukan, khususnya di Kabupaten Bogor.

Untuk diketahui, sebagai bentuk komitmen dalam memberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan khususnya akta kelahiran, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah menyediakan fasilitas pelayanan online SEMANGAT (Servis Efisien Melalui Adminduk oNline Gratis Akurat dan Terintegrasi) dengan melakukan pendaftaran melalui website di https://semangat.bogorkab.go.id, masyarakat cukup hanya mempersiapkan nomor kartu keluarga dan berkas persyaratan yang akan di upload dalam aplikasi online tersebut. (IB/IWO)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply