Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » Desa Gunung Geulis Realisasikan Pembangunan DD Melalui Tangan Masyarakat

KAB.BOGOR - Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Geulis Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor merealisasikan penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama (1) tahun 2018, sesuai dengan harapan masyarakat.

"Allhamdulilah pembangunan di Desa Gunung Geulis dilaksanakan sesuai usulan masyarakat yang diajukan dalam musyawarah dan direalisasikan oleh Kepala Desa," ungkap
Odang Setiawan, Kasie Ekbang Desa Gunung Geulis, kepada Wartawan, Senin (9/7/18).

Menurutnya, kegiatan ini dikerjakan dengan melibatkan masyarakat melalui program padat karya. Agar memotifasi mereka (masyarakat-red) semangat dan bahu membahu secara gotong royong dalam melaksanakan pembangunan tersebut dengan hasil yang maksimal.

"Dengan keikut sertaan masyarakat dalam membangun Desa, minimal memberi pekerjaan sementara bagi mereka, dan yang lebih penting mereka ikut mengawasi. Baik pengerjaan maupun anggaran sehingga akan tepat mutu," katanya.

Lanjut Odang menuturkan, pembangunan tersebut diantaranya
pengerjaan turap penahan tanah (TPT) jalan desa Kampung Bojong RW 04 dengan volume 217 x 2 x 0,50 dengan anggaran sebesar Rp 170.950.000.

Selain itu, pembuatan TPT juga dilaksanakan di Kampung Nyalindung RT 01/04, di RT 03/03, Rabat beton di Kampung sawah, Kampung Bojong, Gang Lumbung Padi, Rabat beton di Kampung Lebak Nangka, hingga pembangunan saluran air dan sanitasi juga sarana dan prasarana lainnya.

"Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat yaitu, pelatihan sablon, pelatihan tata rias dan pelatihan budi daya ikan air tawar," tutur Odang.

Sementara itu, untuk rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Desa Gunung Geulis total keseluruhan sesuai data base sebanyak 433 unit sedangkan yang sudah terealisasi sebanyak 119 unit dan 22 unit yang tersebar di 4 RW saat ini sedang tahap pengerjaan. Ia berharap pada tahun 2023 nanti seluruhnya sudah terealisasi.

"Harapan saya, untuk bantuan Rutilahu bisa terus berjalan baik dari Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten Bogor agar terealisasi sesuai dengan target tahun 2023 semuanya sudah selesai," pungkasnya. (Gandi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply