Ads




» » » » » Poktan Bintang Raya Bara Unggulkan Beras Hitam Di HKP

KABUPATEN BOGOR - Stan pameran hasil pertanian dalam rangka Hari Krida Pertanian ke-46 yang digelar di halaman Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor menjadi ajang promosi produk unggulan seluruh kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Salah satunya, stand dari Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor yang dipimpin langsung oleh Ketua Kelompok Tani (Poktan) Bintang Raya Bara, A Murji. Pada pameran ini para peserta dari Kecamatan Cigudeg membawa berbagai macam produk unggulan, salah satunya beras hitam.

Ketua Poktan Bintang Raya Bara, A Murji menuturkan, saat ini beras hitam masih menjadi produk unggulan dari Kecamatan Cigudeg. 

"Produk yang dipasarkan di stan ini diantaranya gula merah, terubuk, keripik dari hati batang pisang dan produk olahan lainnya, kalau produk unggulan pertanian masih beras hitam," tutur A Murji kepada Wartawan saat dikunjungi di Stan HKP Kecamatan Cigudeg, Jumat (27/7/18).

Menurutnya, hingga saat ini kelompoknya menghasilkan sekitar 500 kilogram beras hitam setiap kali panen, untuk pemasarannya sendiri dirinya telah berkerjasama dengan salah satu pasar modern ternama dan masyarakat sekitar.

"Kalau pemasaran, Alhamdulillah sudah menjadi distributor Carefour sejak tahun 2014, selain itu banyak juga masyarakat yang datang dan mahasiswa IPB yang mau praktek pasti ke saya," terangnya.

Lanjut Murji memaparkan, sebagian masyarakat mungkin sudah mengetahui beras hitam yang kaya akan manfaat diantaranya, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal serta diabetes dan berbagai manfaat lainnya

"Beras yang memiliki kandungan vitamin E, Vitamin C, Antiosanin dan Betha Carotin hasil produksi Kelompok Tani Bintang Raya Bara, yang berada di Kampung Nanggung, Desa Bangun Jaya, Kecamatan Cigudeg ini dijual dengan harga Rp 25 ribu per kilogram," paparnya.

Ia berharap kepada Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Bogor, untuk sering mengadakan kegiatan seperti ini sebagai ajang promosi hasil produksi pertanian dari para petani diwilayah Kabupaten Bogor.

"Saya harap kepada Pemkab Bogor, untuk lebih sering mengadakan pameran seperti ini seperti pasar tani yang sering diadakan Distanhorbun dan bukan pada momen tertentu saja, agar produk kami para petani di Kabupaten Bogor bisa lebih dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya. (Ibra/Gandi)

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply