Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » BBKSDA Bogor Berhasil Gagalkan Penjualan Hewan Langka

KOTA BOGOR - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah 1 Bogor berhasil menggagalkan perdagangan satwa dilindungi jenis Kukang Jawa di kawasan Bale Binarum, Bogor Timur.

Polhut BBKSDA wilayah 1 Bogor, Aman Sujiaman menerangkan, species langka yang hanya ada di pulau Jawa ini, ditawarkan pelaku berinisial AP (22) kepada pembeli melalui media online.

Menurut keterangan pelaku, satwa tersebut dibelinya seharga Rp 100 ribu di daerah Leuwiliang. Kemudian, lewat media sosial ia jual kembali kepada penggemar satwa seharga Rp 400 ribu.

"Kami menangkapnya di wilayah Bale Binarum, Bogor Timur pada 12 Februari lalu. Saat patroli, kami mencurigai tiga orang pemuda yang masih berstatus pelajar membawa kotak yang ternyata berisi Kukang. Ketiga pemuda ini, hanya sebagai kurir yang mengantarkan Kukang kepada pembeli. Dan status mereka disini hanya sebagai saksi," terang Aman kepada wartawan, Kamis (26/07/18).

Ia menambahkan, dalam penangkapan tersebut pihaknya berhasil mengamankan barang bukti seekor kukang dan sebuah sepeda motor yang digunakan kurir untuk mengantar Kukang ke pembeli.

"Perkaranya kini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Bogor. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 21 ayat 2A tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," tandasnya. (MTH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply