» » » » » » Proyek Peningkatan Jalan Talang Tujuh-Air Medang Di Duga Di Kerjakan Asal Asalan

OKU, Bidik Nusantara.com - Proyek peningkatan jalan dari Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Ogan Komering Ulu pada tahun 2017 yang lalu di duga mark-up dan terindikasi korupsi.

Proyek peningkatan Jalan Talang Tujuh-Air Medang kecamatan Baturaja Timur kab OKU tersebut di anggarkan menggunakan dana APBD Kabupaten OKU Tahun 2017 dengan pagu anggaran senilai Rp 1.000.000.000, dengan nilai HPS RP 999.838.000 yang di kerjakan oleh pihak kontraktor CV.HUKO. Proyek tersebut di duga dikerjakan asal asalan atau asal jadi saja sehingga membuat satu peluang dan berpotensi terjadinya korupsi yang dapat mengakibatkan kerugian keuangan Negara.

Pantauan di lapangan menemukan adanya dugaan mark-up pada proyek peningkatan jalan tersebut dan di duga di kerjakan tidak sesuai dengan RAB serta penghamparan matreal agregat dan ketebalan agregat peningkatan jalan tersebut  di duga tidak sesuai dengan standar yang di atur dalam SNI,

Bahwa penghamparan atau ketebalan lapisan bawah (LPB) 
minimal 10cm sampai 15cm.saat ini saja proyek peningkatan jalan Talang Tujuh-Air Medang tersebut yang baru beberapa bulan selesai di laksanakan sudah mengalami kerusakan di beberapa bagian jalan dan masih banyaknya tanah merah yang terlihat dan tidak tertutup oleh agregat matreal jalan yang sangat tipis tersebut akibatnya sudah banyak badan jalan tersebut yang di tumbuhi oleh rumput liar dan seperti terlihat bahwa jalan tersebut seperti tidak adanya peningkatan atau penghamparan agregat yang di lakukan.

Di duga telah terjadi pengurangan Volume agregat pada proyek peningkatan jalan Talang Tujuh - air medang tersebut  yang diduga di lakukan oleh pihak kontraktor, pengawas dan PPTK dari proyek tersebut guna mencari keuntungan yang lebih besar untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain.

"Proyek tersebut di kerjakan pada tahun 2017 yang lalu, akan tetapi seperti yang kita lihat bersama proyek yang baru beberapa bulan di kerjakan itu kondisinya sudah seperti ini, hampir semua bagian badan jalan sudah di tutupi oleh rumput liar. Ini di duga karena matreal yang di hamparkan sangat tipis," kata salah seorang warga setempat yang enggan disebutkan identitasnya kepada wartawan, Senin (2/4/18).

Ia menambahkan, kalau jalan yang di ujung sana di kerjakan pada tahun 2016 yang lalu dan kondisinya juga tidak jauh berbeda seperti jalan yang ini. "Proyek jalan ini terkesan sia sia saja dan terkesan hanya menghambur hamburkan keuangan negara," ujarnya.

Saat dikonfirmasi mengenai proyek peningkatan jalan Talang Tujuh-Air Medang tersebut kepada kepala Dinas PU BM dan Penataan Ruang Kabupaten OKU, Ir.H.Hilman.MM
atau pun Sekertaris PU BM serta Penataan Ruang Yuni Marza dan PPTK dari proyek tersebut
tetapi sampai berita ini di terbitkan tidak ada jawaban yang kami terima. 

Reporter : Bambang

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply