» » » » » » KPU Malteng Gelar Pleno Terbuka

Maluku, Maluku Tengah, Bidiknusantara - Komisi Pemilihan Umum (KPU)
Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS), hasil perbaikan dan pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT),  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Kamis 19 April 2018.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Kantor KPU Maluku Tengah, jalan R.A. Kartini Kota Masohi, berlangsung Selama 3 jam, yang dimulai pukul 22:30 WIT dan Selesai pukul 00:30 wit.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Maluku Tengah, Ridwan Tomagola, dan didampingi 4 komisioner KPU serta dihadiri Komisioner KPU Maluku Devisi Data, La Alwi. Sementara itu Bawaslu Kabupaten Maluku Tengah dan 3 perwakilan tim pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur turut hadir.

Sebelum ditetapak DPT, 18 PKK diberi kesempatan menyampaikan rekapitulasi DPS hasil perbaikan. Setelah melalui proses pleno rekapitulasi DPS hasil perbaikan, KPU Maluku Tengah langsung melakukan singkronisasi dengan
sistim informasi data pemilih (SIDALI) KPU RI. Namun, singkronisasi hasil rekap manual ke SIDALI belum bisa diakses oleh KPU, hal itu karena masih terjadinya antrian singkronisasi dari semua kabupaten dan kota se-Indonesia.

Setelah melalui proses pleno yang panjang KPU Maluku Tengah akhirnya memutuskan jumlah DPT Pilgub Dapil Kabupaten Maluku Tengah 301.420 tersebar di 18 Kecamatan, 191 Desa dan 632 TPS. dengan berita acara nomor 11/PI.03.1-BA/8101/KPU-Kab/lV/2018

Meski penetapan DPT harus melalui singkronisasi dengan SIDALI, KPU tetap menetapkan DPT setelah mendapat masukan dari Bawaslu Maluku Tengah dan tim pangan calon.

Namun dengan syarat, jika singkronisasi DPS hasil perbaikan yang sudah ditetapkan sebagai DPT terjadi perbedaan dengan angka daftar pemilih yang ada dalam SIDALI, maka KPU tetap memakai data dari SIDALI.

"kalau hasil singkronisasi data rekap manual 301.420 DPT dengan data SIDALI berbeda ya, tentunya kita tetap mengikuti data SIDALi Itu karena perintah regulasi," jelas Tomagola usai Pleno.(rham)

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply