Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » Pengelola CCM Dibekali Pelatihan Penanggulangan Kebakaran Dan Evakuasi

KAB.BOGOR, Bidik Nusantara - Dinas Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Manajemen Cibinong City Mall (CCM) menggelar simulasi penanggulangan kebakaran dan evakuasi di Plaza CCM Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (18/4/2018).

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bogor, H Makmur menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terhadap karyawan dan petugas keamanan yang ada di CCM dalam menangani peristiwa kebakaran.

"Pelatihan ini adalah dasar bagaimana cara menangani kebakaran dan juga penyelamatan. Agar jika terjadi kebakaran, minimal mereka sudah paham untuk menangani secara dini sebelum pihak pemadam kebakaran datang. Tadi bisa kita lihat petugas kami dan juga petugas yang ada di CCM sangat kompak dalam menyelamatkan pengunjung.

Menurutnya, dalam penanganan saat terjadinya kebakaran itu ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh masyarakat, khususnya manajeman dan petugas keamanan CCM.

"Yang Pertama, bila terjadi kebakaran utamakan untuk menyelamatkan pengunjung mall dengan mengarahkan pengunjung melalui tangga darurat. Kemudian, bila tangga darurat tidak bisa digunakan karena sudah dikepung api, maka pengunjung diarahkan ke lantai yang paling atas dan disana sudah di siagakan petugas damkar," paparnya.

Dalam latihan bersama itu, pihaknya menerjunkan 25 personil dan tiga unit armada mobil pemadam kebakaran, serta dua mobil komando.

"Alhamdulillah simulasi berjalan lancar, petugas keamanan disini (CCM) begitu semangat dan kompak. Insya Allah, kedepannya kita akan lakukan simulasi dengan persiapan yang lebih matang," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Manageman Service CCM, Hendro Setio mengapresiasi adanya kegiatan ini. Menurutnya, simulasi ini sangat penting dalam menangani bila mana sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

"Saya salut dengan keberanian mereka semua ketika memperagakan penyelamatan pengunjung di lantai paling atas, mereka begitu sigap dan antusias menangani kebakaran. Padahal, saya sendiri belumtentu berani," ungkap Hendro.

Ia menambahkan, Ini simulasi yang pertama, "mudah-mudahan di bulan Oktober mendatang kita akan melakukan simulasi kembali dengan bekerjasama Dinas Damkar Kabupaten Bogor," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan simulasi diawali dengan terjadinya kebakaran di atas Gedung Cibinong City Mall (CCM) dan beberapa pengunjung yang terjebak digotong menggunakan tandu yang sudah disipakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran.

Sementara, salah satu petugas security bergegas menyelamatkan dokumen-dokumen penting dari lantai paling atas, sedangkan petugas pemadam dan pengelola CCM lainnya berjibaku untuk berusaha memadamkan api, hingga akhirnya api pun berhasil dipadamkan. (Sugandi)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply