Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » » Terkait Kekerasan Terhadap Wartawan, Kalangan Pers Minta Penegak Hukum Tangkap Oknum Satpol PP Sukaraja

Foto: Saat Korban Melaporkan kepada Polsek Sukaraja

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Menyusul terjadinya penganiyaan dan kekerasan yang di alami oleh Wartawan media Suara Indonesia News, Iwan Kurniawan di duga di lakukan salah satu petugas Satpol PP Kecamatan Sukaraja pada saat ingin melakukan konfirmasi kepada kantor kecamatan Sukaraja, Rabu (14/02/18) mengundang simpatik dari kalangan pers lain.  

Salah satunya,  H  Deden salah satu pengamat media mendesak Polres Bogor segera menangkap pelaku menganiayaan dan pencekikan yang dilakukan oknum Satpol PP Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

"Kriminalitas terhadap pers berupa penyekapan dan pencekikan terhadap wartawan yang tengah menjalankan tugas jurnalistiknya patut dihukum berat," kata H Deden saat diminta pendapatnya di Kejaksaan Negeri Bogor, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya penganiayaan terhadap pers saat menjalankan tugasnya kerap terjadi, sehingga kinerja pers acap kali terganggu karena ulah berutal oknum-oknum tertentu yang menyebabkan kebebasan pers menjadi terganggu.

Pengamat media ini, mendesak aparat penegak hukum menyeret pelaku ke meja hijau. Karena pekerja pers dilindungi undang-undang (UU) seperti UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Oleh karenannya pelaku kriminalisasi patut di hukum.

Sementara itu,  Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kota Bogor, Sumburi Ibrahim meminta Bupati Bogor,  Hj Nurhayati melakukan Evaluasi kinerja Satpol PP di Kecamatan, jangan sampai berlaku seperti pereman,

"Saya selaku Ketua FPII Korwil Kota Bogor meminta kepada Bupati Bogor untuk segera melakukan evaluasi jangan sampai Satpol PP berlaku seperti pereman, apalagi menghambat pekerjaan jurnalis dilapangan," ungkap Pemred Bidiknusantara.com itu

Selain dari pada itu,  Camat Sukaraja harus bertanggung jawab atas insiden yang terjadi antara anggota Sat Pol PP dengan wartawan tersebut karena hal ini dapat merusak citra Pemerintah Kecamatan Sukaraja. 

"Saya juga mendesak Camat Sukaraja agar melakukan klarifikasi atas masalah tersebut,  jangan sampai Pemerintah Kecamatan Sukaraja di angga anti kritik dari media,"tegasnya. 

Sementara korban sudah melaporkan kejadiaan memalukan itu ke Polsek Sukaraja dengan laporan Nomo : STPL/164/B/II/2018/JBT/Res.Bogor/ Sek. Sukraja dengan ancaman Pasal 315 dan 335 KUHPidana tentang Penghinaan dan perbuatan tidak menyenangkan.

Menurut informasi yang diperoleh korban akan melaporkan kejadian ini ke Jakarta agarr perbuatan semena-mena itu mendapatkan. Sangsi baik dari atasannya Bupati Bogor maupun dua pasal pidana yang dituduhkan terhadap oknum Satpol PP
Reporter: Red BN. 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply