» » » » » » » » Jalur Puncak Bogor Akan Ditutup Mulai Besok Hingga 10 Hari Kedepan

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Akibat Musibah longsor yang terjadi di beberapa titik di Jalur Puncak pada Hari Senin (05/02/18) dan material longsor masih dilakukan penanganan hingga masih sulit di lalui oleh kendaraan Ruda Empat (R4) maka hasil keputusan Dirjen Hubungan Darat berkoordinasi dengan Kapolres Bogor, PUPR, PVMBG di lokasi longsor Riung Gunung, Puncak, Kabupaten Bogor hari ini, Selasa (06/02 ) akan di tutup sementara terhitung mulai hari Rabu (07/02/18) hingga 10 hari kedepan. 

Berdasar kajian dari masing-masing lembaga, maka diperlukan penanganan khusus terkait kondisi tanah dan bekas longsoran yang diperlukan penanganan selama 10 hari.

Kepada awak media, Ditjenhubdat, Budi Setyadi mengatakan, hasil kajian dan kesepakatan beberapa instansi terkait, untuk sementara Jalur Puncak akan ditutup selama 10 hari terhitung mulai besok pagi.

"Jadi tadi kita melakukan koordinasi dengan Kapolres Bogor, PUPR dan PVMBG, hasilnya kita menyepakati menutup jalur puncak selama 10 hari. Hal itu dilakukan untuk melakukan perbaikan . karena berdasar informasi dari badan Geologi tadi di Ciloto itu ada jalan yang bawahnya kropos. Kita butuh Sonder, dan sudah dilakukan badan Geologi,  bisa jadi perbaikan yang di wilayah Cianjur lebih lama. Jadi mulai hari ini jalan menuju Puncak ditutup selama sepuluh hari. Kendaraan roda 4 yang dari arah Jakarta hanya bisa sampai di Gunung mas, sementara yang dari arah Cianjur hanya sampai Ciloto. Untuk roda dua melalui dikresi Kapolres Bogor masih bisa lewat,"ujar Budi.

Untuk memperkuat keputusan tersebut, Budi akan segera berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan untuk dibuatkan peraturanya.

"Hari ini saya akan langsung berkoordinasi dengan menteri Perhubungan untuk membuat payung hukum penutupan jalan ini. Besok saya kira sudah langsung bisa ditandatangani pak Menteri,"paparnya.

Untuk penanganan dilapangan Budi menyerahkam kepada pihak kepolisian dan PUPR. 

Budi berharap masyarakat bisa memahami keputusan ini. Sehingga masyarakat bisa langsunh mengambil keputusan pada saat akan menuju Cianjur atau sebaliknya Bogor. "Pengendara bisa melalui jalur Alternatif Sukabumi atau Jonggol, "papar Budi.

Larangan masuk jalur Puncak ini juga berlaku untuk kendaraan umum. "Masyarakat bisa oper dengan kendaraan roda dua di Gunung Mas atau Ciloto,"pungkasnya. 
Reporter: Sum/Red BN.

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply