» » » » » » » Inilah Kondisi Terkini Telaga Cisaat Cikoneng Yang Merupakan Induk Sungai Ciliwung

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Melihat kondisi Telaga Cisaat Cikoneng sangat memprihatinkan, terbukti Ketika rombongan kegiatan bertemakan "Ngaloka Hulu Sungai Ciliwung" menemukan banyaknya Gulma,  Ilalang dan terjadi pendangkalan di duga rembesan longsoran tanah ketika hujan. 

Dalam rangka mengembalikan fungsi Telaga Saat yang berada di kawasan Gunung Gede-Pangrango Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua,  Kabupaten Bogor ini,  Dandim 061/Surya Kencana memimpin kegiatan ini yang di ikuti gabungan TNI-Polri, Muspida Kota Dan Kabupaten Bogor, Minggu (25/02/18).

Dalam kegiatan ini,  Jajara Korem 061/Surya Kencana di bantu oleh Jajaran kepolisian Polres Bogor,  AKBP Andi Muh Dicky,  Dandim 0621/Kabupaten Bogor,  Letkol Inf M Fransisco,  Kasat Pol PP Kabupaten Bogor, Herdi, Wadan Men II,  Korps Brimob Polri,  PLT Walikota Bogor, Usmar Hariman, Kopassus dan 114 Komunitas Penggiat Lingkungan yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor.  

Sebelum melaksanakan kegiatan inti,  Danrem 061/Surya Kencana, Kol Inf M Hasan memimpin upacara persiapan kegiatan. Setelah itu,  Secara simbolis, Danrem 061/Surya Kencana menanam pohon di sekitar bibir telaga serta menyebar benih ikan yang di ikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir saat itu.  

Di tengah Telaga,  sudah siaga angota Brimod, anggota Kepolisian Polres Bogor,  jajaran Korem 061/SK dan Kodim 0621/Kabupaten Bogor di bantu oleh relawan Komunitas Peduli Lingkungan juga masyarakat sekitar mencoba membabat Gulma dan Ilalang yang sudah meninggi di tengah Telaga.  

Menurut Danrem 061/Surya Kencana saat di minta keterangan di sela kegiatan,  keberadaan Gulma dan Ilalang serta pendangkalan Telaga Cisaat Cikoneng yang merupakan induk Sungai Ciliwung adalah akibat adanya pembiaran oleh Pemkab atau instansi terkait di wilayah sehingga terjadi pendangkalan serta di tumbuhi Gulma dan Ilalang.  

"Dari Informasi yang saya dapatkan dari Komunitas Peduli Lingkungan, Telaga Cisaat Cikoneng ini terakhir di lakukan penggerukan ialah 7 tahun silam dan hingga saat ini dan baru sekarang (Minggu (25/02/18) baru di lakukan perbaikan,"tuturnya kepada wartawan di lokasi yang di dampingi unsur Muspida Kota dan Kabupaten Bogor.  

Lanjut M Hasan menjelaskan bahwa kegiatan bukan hanya pada saat seremonial hari saja melainkan berkelanjutan hingga Gulma,  Ilalang dan luapan lumpur di tengah danau bersih seperti yang kita harapkan.  

"Besok kita akan menurunkan alat berat untuk menggeruk, Tanah,  Gulma dan Ilalang di dasar danau.  Dan bila di izinkan oleh Pemkab Bogor, dalam hal ini Bupati Bogor,  TNI akan siapkan posko pemantauan di sekitar telaga sebagaimana diinginkan para Relawan Komunitas Peduli lingkungan. Jadi TNI akan bekerja sama dengan relawan Komunitas Peduli lingkungan, "paparnya.  
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply