Ads




» » » » » » » » » » Kepala Desa Geramat Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur Terkesan Kebal Hukum

KAB.KAUR-BidikNusantara
Adanya dugaan indikasi penyimpangan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2016 dan 2017 di Desa Geramat, Kecamatan Kinal, Kabupaten Kaur, sudah masuk ke Kejati Provinsi Bengkulu, Kejari Kaur dan ke Bupati Kaur serta tembusan laporan sudah masuk ke Instansi-instansi terkait.

Namun, kasus ini terkesan tidak ditindaklanjuti secara serius, karena belum ada tanda yang mengarah pada pengusutan temuan dan laporan atas dugaan indikasi korupsi dana desa Geramat Kecamatan Kinal tersebut oleh aparat terkait.

Kasus yang sudah mencuat ke permukaan setelah menjadi perbincangan masyarakat desa setempat kini menjadi sorotan publik dan menanti-nanti tindaklanjutnya.

Menurut mantan Ketua BPD, Edi Kurniawan dan warga desa setempat serta mantan Sekdes, Rudi Hartono mengatakan, mereka hanya melapor dan mengadukan, jadi masalah bahan sebagaimana yang diminta itu sudah tugasnya instansi terkait dan masyarakat memberi petunjuk awalnya saja.

"Sebagai masyarakat biasa kita sangup membuktikan bahwa fisik yang dikerjakan tidak sesuai RAB dan ada sebagian item pekerjaan yang sama sekali tidak dibangun alias bangunan fiktif, tapi anggaranya tetap dikucurkan,"ujarnya menjabarkan.

Dan mantan Sekdes desa ini juga mempertanyakan tentang  pencairan dana empat puluh persen lagi dana ini dicairkan apa tidak oleh pemerintah.

“Kami minta laporan ditindaklanjuti dan diusut tuntas, pihak terkait jangan tutup mata. Ya, kalau masalah bukti kita akan siapkan, dimana laporan tersebut telah kami sampaikan ke penegak hukum di Kaur tinggal adakah nyali pihak penegak hukum akan mengusutnya seperti pihak Kejari, Inspektorat, Pemkab Kaur dan pihak lainnya,” Ungkap Mantan ketua BPD Edi Kurniawan dan Mantan Sekdes Rudi Hartono kepada Awak media ketika ditemui dikediamanya.

Dalam hal ini menurut Rudi Hrtono adanya dugan penyimpangan dana desa tersebut sehubungan dengan pengunaan dana desa dan ADD tahun angaran 2016 dan 2017 di Desa Geramat, Kecamatan Kinal, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu sampai saat ini masih menjadi tanda tanya masyarakat desa Geramat.

Hebatnya lagi menurut keterangan mantan ketua BPD dan mantan Sekdes setempat, mereka sebagai pelapor sudah pernah dipanggil oleh orang no satu di Kaur dan Insfektorat, ketika ada panggilan tersebut mereka sangat senang dengan harapan laporan ini akan diproses secara hukum....Namun....Setelah selesai menghadap mereka  keluar lesu dan putus asa karena mereka di sarankan untuk berdamai secara kekeluargaan dengan Kades terlapor.

Pada tahun 2016, Rudi Hartono selaku Sekdes setempat di mutasi ke Kantor Camat Semidang Gumai, yang sangat jauh dari tempat kediamanya karena bergejolaknya masalah ini.

"Saya mengharap masih ada keadilan yang dapat diterapkan kepada masyarakat kecil dan tidak memahami apa..apa ini,"terangnya.
Reporter: MI

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply