» » » » » » » » Danrem 061/Surya Kencana Tinjau Titik-Titik Terparah Dampak Bencana Gempa Wilayah Kecamatan Nanggung

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Komandan Korem 061/Surya Kencana Kol Inf Mohammad Hasan yang melakukan pengecekan di beberapa titik lokasi yang terkena dampak bencana yang di dampingi Danrem 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Inf Fransisco, Komandan Kopassus Group A serta jajaran Koramil 2125/Nanggung mendapati informasi beberapa rumah yang rusak selain di lokasi pengungsian Kampung Citalahab Kontrak.  

Dikatakan Mohammad Hasan,  pihak saat itu mencoba memvalidasi data yang kemarin mungkin ada yang belum terdata di beberapa tempat. 

"Semalam kan baru disini,  ternyata di beberapa tempat seperti di Cilanggar dan Bantar Karet ada yang terkena dampak lebih banyak dari sini. Di wilayah itu banyak rumah-rumah yang hampir roboh, sehingga kita validasi data lagi kemudian disinergikan dengan bantuan yang ada baik bantuan personil maupun materil,"terangnya.  

Untuk bantuan personil katanya,  saat ini mendapat bantuan personil dari Kopassus Group A sebanyak 200 personil,  Kodim 0621/Kabupaten Bogor 100 personil yang akan di sinergikan dan memaksimalkan.  

"Saat ini tahapnya,  kita membantu membersihkan puing material rumah-rumah yang runtuh, kalau yang sudah roboh tinggal di bongkar puingnya.  Ada mungkin yang hampir roboh akan lebih bahaya.  Tadi masyarakat saya himbau kalau rumahnya hampir roboh jangan tidur disitu,  sebaiknya di tendan saja, kebetulan disini ada Pak Firman dari Kopassus yang akan menyebar pasukannya di beberapa desa yang ada disini sekaligus survey membantu masyarakat  mengeluarkan puing-puing reruntuhan,"terang Danrem.  

Danrem juga memaparkan,  pihaknya juga melakukan pendataan apa bila yang rusak ringan mungkin masih bisa di tempati. "Tetapi yang rusak sedang dan rusak berat, kita himbau tidur di tenda saja, karena di khawatirkan ada gempa susulan seperti hari ini terdapat 4 kali gempa susulan di khawatirkan akan roboh,"ucapnya.  

Kemudian lanjutnya,  hasil validasi data yang sudah di kumpulkan akan diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. 

"Karena ada proses tanggap darurat dari pemerintah daerah Kabupaten Bogor dan melakukan pendataan untuk memberikan bantuan bangun rumah kembali. Karena kita saat ini sifatnya hanya tanggap darurat saja,  setelah data valid ada langkah selanjutnya dari pemda, "pungkasnya.  
Reporter: Sumburi 

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply