Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » » » Politik Identitas Salah Satu Bentuk Tantangan Bagi Pancasila dan Kebhinekaan

SUKABUMI-BidikNusantara
Politik identitas menjadi hal yang menakutkan bagi bangsa yang memiliki tingkat kemajemukan yang tinggi seperti Indonesia. Menguatnya politik identitas akan selalu berbanding lurus dengan potensi perpecahan dan konflik di masyarakat.
 
Dalam konteks politik, perbedaan-perbedaan identitas sering dimanfaatkan untuk mencapai kekuasaan politik dan ekonomi hal tersebut diungkapkan Anggota MPR RI Hj. Dewi Asmara SH, MH di Hotel Berlian, Kota Sukabumi, Rabu (6/12) saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.


"Masyarakat Indonesia tengah mengalami gejala meningkatnya fenomena politik identitas yang cukup ekstrem. Itu bisa dilihat dari maraknya isu politik identitas yang menjadi topik bahasan utama di media sosial. Baik itu oleh masyarakat yang pro maupun masyarakat yang kontra. Politik identitas bermanifestasi ke dalam penggunaan isu SARA saat terjadi kontestasi politik di Indonesia,"ujarnya.

Dewi Asmara mengingatkan Pengurus dan Anggota Angkatan Muda Pembaharuan Kota Sukabumi, agar mewaspadai segala bentuk gerakan politik identitas yang mengancam ideology Pancasila dan Kebhinekaan yang dapat memecah belah keutuhan bernegara.

"Kemunculan politik identitas ini sering kali menimbulkan berbagai dampak yang sama sekali berlawanan dengan tujuan demokrasi sebagai sistem politik yang berusaha memberikan kesempatan yang sama kepada siapapun untuk berpartisipasi di dalam kontestasi yang damai tanpa mempedulikan perbedaan latar belakangnya,"terang politisi Senayan ini.

Dalam Sosialisasi tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal IKA yang dilaksanakan di Hotel Berlian Kota Sukabumi, Dewi Asmara menekankan para pengurus dan anggota AMPI agar menjadi bagian terdepan dalam menghadapi segala bentuk ancaman ideology yang memecah belah bangsa.

"Pancasila memberikan spirit untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa. Pancasila merupakan potret identitas bangsa Indonesia, sekaligus pedoman dalam proses nation character building, maka segala bentuk gerakan politik identitas yang memecah belah bangsa pasti anti Pancasila,"teagas Hj Dewi Asmara.
Reporter : Diky

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply