Ads




» » » » » » » » » Muamar Fihri: Lapas Kelas III Banyuasin Tambah Alat Keamanan

BANYUASIN-BidikNusantara
Model pembinaan bagi narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan tidak terlepas dari sebuah dinamika, yang bertujuan untuk lebih banyak memberikan bekal bagi Narapidana dalam menyongsong kehidupan setelah selesai menjalani masa hukuman (bebas).

Seperti halnya yang terjadi jauh sebelumnya, peristilahan Penjara pun telah mengalami perubahan menjadi pemasyarakatan. Tentang lahirnya istilah Lembaga Pemasyarakatan dipilih sesuai dengan visi dan misi lembaga itu untuk menyiapkan para narapidana kembali ke masyarakat.

Selain Rutinitas bermain Futsal jenis olahraga dan Pesantren kini Lapas Kelas III Pangkalan Balai Jalan Lingkar Mulya Agung Kabupaten Banyuasin Propinsi Sumatra Selatan, menjalankan Program sekolah buat Narapidana bekerja sama dengan Pihak Diknas mengadakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Program Kejar Paket A,B dan C  buat Narapidana sehingga ia bisa belajar disini.Jelas Muammar Fihri,A.Md.IP SH. Kasubsi Kamtib  Lapas Kelas III Pangkalan Balai (19/12) usai ditemui diruang kerjanya.

Muammar juga menyampaikan, narapidana yang menjadi binaan saat ini berjumlah 837 Orang untuk Tahanan 310 Orang dan saat ini lapas juga berfungsi sebagai Rutan.

"Pembinaan diharapkan agar mereka mampu memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana yang pernah dilakukannya. Kegiatan di dalam LP bukan sekedar untuk menghukum atau menjaga narapidana tetapi mencakup proses pembinaan agar warga binaan menyadari kesalahan dan memperbaiki diri serta tidak mengulangi tindak pidana yang pernah dilakukan,"jelas suami Dari Ika ini.

Bapak 2 orang anak ini sebelum bertugas di Kabupaten Banyuasin, dirinnya bertugas di Rutan Tanjung Pura Langkat. Ia juga mengatakan, saat ini lapas mendapat alat tambahan keamanan Baru Berupa alat X Ray yaitu keamanan dapat membantu mengantisipasi masuknya barang berbahaya dan barang mencurigakan.

"Alat ini mampu mendeteksi barang-barang bawaan dari pengunjung Lapas, terutama alat untuk mendeteksi barang yang akan diselundupkan ke dalam Lapas oleh pengujung,"jelasnya.
Reporter: Indra.

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply