» » » » » » » » » Dinakertrans Kabupaten Sukabumi Berikan Program Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Tenaga Kerja

SUKABUMI–BidikNusantara  
Dalam upaya meningkatkan keterampilan dan keahlian masyarakat agar lebih mandiri dan dapat membuka peluang dan lapangan kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi mengadakan  Pelatihan Berbasis Masyarakat dengan Program Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK) , PHP talas belitung. di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.
Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi Ade mulyadi di Gedung Kantor Desa Cisande.
Peserta pelatihan ini berasal dari masyarakat Desa Cisande yang pada umumnya memiliki mata pencaharian sebagai petani.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi saat diwawancara, Kamis (7/12) Ade mulyadi menjelaskan kepada bidiknusantara.com menerangkan dengan adanya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, sehingga dapat membuka lapangan kerja yang pada gilirannya dapat mengurangi tingkat pengangguran dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Sukabumi pada umumnya. 

" Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Desa Cisande ini tertarik memanfaatkan bahan baku talas belitung yang ada di sekitarnya untuk diangkat sebagai bahan baku utama pembuatan keripik. Talas belitung sengaja dipilih karena umbi tersebut cukup mudah ditemukan, memiliki harga yang relatif murah, kaya gizi dan rendah lemak. Melimpahnya beragam jenis umbi, jika mereka yang bisa kreatif dalam mengolahnya bisa mendatangkan untung besar. Salah satunya talas belitung yang dapat diolah menjadi camilan keripik dengan berbagai macam pilihan rasa, " tuturnya.

Dikatakannya, pelatihan berbasis kopetensi dan berbasis masyarakat ini meliputi 11 jurusan yakni Menjahit, Bordir, Instalasi Listrik, Las Listrik, Mobil Bensin, Sepeda Motor, Komputer, Salon, Tata Boga, Processing, dan Pertanian.

"Adapun jumlah peserta yang sudah dilatih pada tahun ini sebanyak 800 orang dan ditambah 1500 MTU di desa-desa binaan yang ada di Kabupaten Sukabumi,"sebutnya.

Ade Mulyadi berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan, sehingga dapat pula membuka lapangan kerja yang pada gilirannya dapat mengurangi tingkat pengangguran dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Desa Cisande dan Kabupaten Sukabumi pada umumnya.
Dijelaskan juga, bahwa biaya pelatihan ini dibebankan kepada APBD Perubahan tahun anggaran 2017. Untuk fasilitas peserta pelatihan diberikan Makan siang, ATK, dan Uang saku. 
Sementara Kepala Desa Cisande Dasep Suryadi mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi yang sudah memberikan pelatihan kepada Masyarakat Kabupaten Sukabumi umumnya dan khususnya masyarakat Desa Cisande.

"Saya melihat materi pelatihan untuk saat ini sudah sangat tepat. Tinggal kita mengawasi bagaimana pelatihan berjalan maksimal dengan hasil yang terukur. Pelatihan tenaga kerja berbasis masyrakat sangat diperlukan, karena dapat dengan cepat mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Sukabumi,"pungkasnya. 
Reporter : Diky Juansyah

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply