Desa Tanjung Betung II Kabupaten Kaur Gelar Musdes RKP Des Tahun 2018 - Bidik Nusantara

Sabtu, 09 Desember 2017

Desa Tanjung Betung II Kabupaten Kaur Gelar Musdes RKP Des Tahun 2018

KAB.KAUR-BidikNusantara
Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan RKP Des 2018 saat ini digelar oleh BPD Desa Tanjung Betung II, Kecamatan Kaur Utara, Kabupaten Kaur, Jumat (08/12/17) pukul 09.30 Wib dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kaur Utara,  Susnayati S.Sos, Kapolsek Kaur Utara, IPDA Tomson Sembiring, Pendamping Desa, Niko Pratama ST, Kades Tanjung Betung II,  Iri Murdian, Darhan ketua BPD, Roy Martin Sekdes dan Ketua TPK Barnawan, tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Alim ulama Desa Tanjung Betung II, peserta rapat keseluruhan berjumlah 63 orang.

Dalam sambutan kali ini Kapolsek Kaur Utara, IPDA Tomson Sembiring menyampaikan, tentang MOU Kapolri dengan Kementerian dalam Negeri dan Kementerian Daerah tertinggal Terkait pengawasan dana DD dalam penggunaanya harus berdasar skala prioritas yaitu BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) agar dibentuk SK Kades agar dana yang dikelola dapat digunakan tepat sasaran sehingga dapat berguna dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat desa setempat.

"Begitu juga dengan peran Babinkamtibmas dan hukum agar dapat bersinegritas antara Polsek dan seluruh masyarakat dalam menciptakan keamanan,"imbuh Kapolsek.
Pendamping desa tehnik infrastruktur Kaur Utara, Niko Pratama ST dalam sambutanya mengungkapkan, empat pelaksanaan Musdes yaitu embung atau wadah air irigasi, Prodes (program unggulan desa), Bumdes (badan usaha milik desa), Sorgal (sarana olahraga).

"Kegiatan yang tidak boleh diusulkan yaitu Masjid dan Balai Desa tapi boleh dilaksanakan karena tidak ada lagi atau sudah ada izin dari Bupati,"jelasnya.

Melalui Musdes ini diharapkan masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa melalui DD dan ADD.

" Untuk tahun 2018 nanti insyaallah  kita akan adakan pemerataan pembangunan, jadi kita harus dahulukan apa yang menjadi prioritas dan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujar Kades Iri Murdian.

" Semua itu adalah untuk kepentingan kita bersama, agar apa  yang telah dibangun bisa bertahan lama," ucap Kades menambahkan.

Untuk Musdes penyusunan RKP Des 2018, Iri juga menegaskan agar setiap perwakilan masyarakat desa yang hadir pada Musdes mengerti soal kebutuhan masyarakat, sehingga setiap usulan yang disampaikan merupakan prioritas pembangunan tahun 2018 .

"Untuk pembangunan infrastruktur kita harus prioritaskan hal yang sangat mendesak dan yang bersentuhan dengan masyarakat langsung. Kita harus menjaga apa yang telah dibangun oleh pemerintah desa melalui DD dan ADD, karena kedepannya kita belum tahu apakah ada nantinya dana dari pusat. Sebab, jika pemimpin kita berganti kebijakan bisa saja berubah. Oleh karena itu mari kita sama-sama menjaganya,"ucapnya.

Kesepakatan hasil musyawara ada beberapa poin yaitu pengadaan tanki pompa racun merk solo, sumur bor, siring pasang, jembatan dan pakaian olah raga.
sumber: Tomson Sembiring.
Reporter: Mirwan Usumo.
Comments


EmoticonEmoticon