Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » » » » Prihatin, Makam Raden Saleh Yang Merupakan Cagar Budaya Kondisinya Seperti Tak Terurus

BOGOR KOTA-BidikNusantara
Prihatin menyaksikan Makam Raden Saleh Syarif Boestaman, terletak di Jalan Pahlawan Gang Raden Saleh Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor seperti tak terurus. Hal Ini seperti disampaikan Rd Ace Sumanta salah satu praktisi Seni budaya dan sejarah Bogor dalam tulisannya yang di sampaikan melalui Whatsaap Group Forum Komunikasi Masyarakat (Forkomas), Jum'at (24/11/17). 

Menurut Ace Sumanta, Makam yang sudah ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya yang tidak terurus baik oleh Jupel maupun SKPD dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten. Rumput tumbuh yang membuat makam rimbun dan Saung Budaya tak pernah dibersihkan terlihat papan nama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, dan BPCB yang ada di depan komplek makam yang bersejarah itu,"katanya.

Dikatakannya, di dalam kompleks itu terutama makam yang oleh Presiden Soekarno minta dipugar Tanggal 7 September 1953 makam utama Rd. Saleh dan istrinya, juga beberapa makam lainnya milik keluarga terdekat, mestinya mendapatkan perhatian oftimal.

"Rd. Saleh S. Boestaman adalah maestro seni lukis Indonesia yang lahir tahun 1813/1814 di Semarang dan wafat di Bogor tgl, 23 April 1880,"jelasnya sambil berharap kesemua pihak dapat melestarikan cagar budaya tersebut "sabanda, saraksa, sariksa".
Reporter: Sumburi

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply