Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » Hj Dewi Asmara Sosialisasi P2P Dan Pentingnya Mengenal HIV Aids

SUKABUMI-BidikNusantara
Dalam rangka sosialisasi program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan membawa tema " Dalam rangka pencegahan dan pengendalian HIV AIDS "bersama dengan Anggota DPR-RI komisi  IX dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Hj. Dewi Asmara,SH.,MH, Kamis (24/11/17).

Acara sosialisasi P2P kali ini dilaksanakan di gedung Amazon Cibadak Kelurahan/Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, ini pun turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Golkar komisi IV Asep Heryanto,  kepala seksi kementrian kesehatan  RI  P2P DR. Irawati, Kepala Bidang  Kesehatan P2P Kabupaten Sukabumi, H. Hendra, kader, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, Tokoh Agama dan para tamu undangan lainnya. 

Menurut H Dewi Asmara mengatakan Germas ini merupakan satu di antara program Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam hal preventif dan promotif penyakit tidak menular (PTM). " Sosialisasi agar masyarakat lebih mengetahui bahaya nya penyakit HIV Aids dan kita pun sebagai masyarakat harus berhati hati serta harus mengetahui bagaimana penyebarannya, " tuturnya.

Hasil pantauan adanya peningkatan jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Sukabumi ini cukup tinggi dan peningkatan ini terkadang membuat masyarakat tidak tahu bahwa seakan akan penyakit itu bukan AIDS. Serta penilaian terhadap penderita HIV AIDS tersebut harus di isolir/di asingkan tidak boleh bergaul padahal hal tersebut sama sekali keliru. 

Nyata nya HIV itu tidak menular dari hal tersebutlah kita mensosialisasi dan juga kita harus tahu bahwa sekarang sudah ada pengobatannya, " Sudah ada obatnya oleh karenanya apabila ada masyarakat yang paham dan tahu ada keluarga atau tetangga atau warga yang terkena HIV AIDS agar segera mengajak untuk berkonsultasi dan meminta arahan ke Puskesmas terdekat, " tambahnya.

Politisi wanita dari Partai berlambang Beringin ini pun menuturkan pelaksanaan kegiatan serta melakukan pemeriksaan deteksi faktor resiko penyakit tidak menular kepada seluruh tamu undangan. 

Sementara itu di tempat yang sama Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sukabumi, Dr. Asep Suherman menuturkan bahwa dengan adanya Sosialisasi dan bantuan dari anggota DPR-RI dari fraksi Partai Golkar Komisi IX Hj. Dewi Asmara, SH., MH, " Kami Dinas Kesehatan merasa terbantu kasus HIV betul terjadi peningkatan setiap tahunnya dan di kami tercatat kurang lebih sampai tahun 2016 ada 590 yang positif  HIV, " terangnya. 

Dan tahun ini terjadi penambahan, jikalau dikomulatifkan kurang lebih di angka 650 orang Kabupaten Sukabumi yang terinfeksi HIV AIDS hari ini. Beberapa orang penderita yang di dapat oleh layanan, ada pun orang Kabupaten Sukabumi yang berobat keluar daerah banyak juga.

"Tentu upaya propentif seperti ini sangatlah membantu, dengan dilakukannya penyuluhan,  sosialisasi dan yang paling penting sesudah adanya penyuluhan dan sosialisasi ini, langkah selanjutnya ada pemeriksaan  HIV karna HIV bisa di ketahui apa bila sudah di tes darah,"jelasnya. 

Terlihat selain sosialisasi program  P2P dilokasi pun dilaksanakan pemeriksaan HIV AIDS dan pemeriksaan kesehatan gula darah dan kolestrol kepada seluruh peserta kegiatan, agar para peserta lebih intens untuk memperhatikan dan menjaga kesehatannya.
Reporter : Diky

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply