» » » » » » » » » » Hj Dewi Asmara Ajak Masyrakat Pentingnya Keluarga Berkualitas

SUKABUMI-BidikNusantara
Anggota Dewan DPR-RI komisi IX Hj Dewi Asmara dari Fraksi Partai Golongan Karya (GOLKAR) mengadakan sosialisasi tentang integritas kampung KB bersama mitra kerja 2017 yang betempat  Kampung Pabuaran Desa Ciheulang Tonggoh kecamatan cibadak Kabupaten Sukabumi, (01/11/17).

Dalam program kampung KKB sukseskan kampung Keluarga Kecil Berkualitas di antaranya program sinergitas dan integritas, bersifat pemberdayaan masyarakat tanggung jawab bersama. 

"Saya berharap dapat memperkuat upaya pencapaian target/sasaran.  Untuk  secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat,"ujarnya.

Kampung KB merupakan salah satu contoh dalam pelaksanaan program KKBPK dengan melibatkan seluruh Bidang yang ada di lingkungan BKKBN dan bekerja sama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah (Rw/Rt).

"Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembanguan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis,"terangnya.

Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Politisi wanita Partai Golongan Karya (Golkar) ini menenrangkan, Pembentukan Kampung KB harus memenuhi kriteria utama yaitu wilayah yang memiliki jumlah Pra KS dan KS-1 (miskin) diatas rata-rata tingkat desa/kelurahan dimana kampung tersebut berada, dan jumlah peserta KB di bawah rata-rata pencapaian tingkat desa/kelurahan dimana kampung tersebut berlokasi.

"Sudah jelas Tujuan terbentuknya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembanguan keluarga serta pembangunan  sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,"tambahnya.

Partisipasi semua pemangku kepentingan dan masyarakat mutlak diperlukan dalam pembentukan Kampung KB. Termasuk, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat itu sendiri. Partisipasi juga akan sangat membantu kesuksesan program tersebut. 

"Hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Antara lain dengan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat desa, dan jelas menjadi tanggung jawab kita semua,"pungkasnya.
Reporter : Diky/Anry

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply