» » » » » » » » » » Bangunan Baru di Perusahaan Ini Diduga Belum Kantongi IMB

SUKABUMI-BidikNusantara
Penambahan bangunan di lingkungan kawasan berikat PT Daehan Global yang berada di Desa Karang Tengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, diduga belum katongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Pasalnya dilokasi kegiatan pembangunan tidak terlihat papan informasi terkait IMB, padahal hal tersebut sudah jelas dalam Perda Kabupaten Sukabumi Nomor 6 Tahun 2010 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan. Dimana dalam perda tersebut dijelaskan bahwa setiap kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Sukabumi harus mendapatkan IMB terlebih dahulu dari Bupati melalui Dinas teknis.

Sementara itu menurut Kepala Desa Karang Tengah, Gerry Imam Soetrisno, ketika di mintai informasi terkait pembangunan tersebut dirinya sempat mempertanyakan kepada pihak perusahaan bagaimana aturan Kawasan Berikat, siapakah pembangunannya? Dan hal tersebut menurutnya harus melibatkan masyarakat, karena saya buta tentang aturan Kawasan Berikat cuman yang saya tahu bahwa Kawasan Berikat itu sesuai dengan siteplant awal sehingga ketika ada penambahan bangunan tetap harus ada sosialisasi bagi masyarakat .

"Seharusnya pihak perusahaan melakukan tahapan tahapan pengurusan perizinan dan dulu yang saya tahu itu hanya 2 Gedung, nah sekarang sudah ada satu gedung lagi yang dibawah gedung woshing dan sekarang ada lagi penambahan satu gedung untuk kantor,"ujar Gerry. 

Kemarin pihaknya sudah konfirmasi kepada kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melalui pesan singkat selularnya, " Setelah saya pertanyakan hal tersebut, kepala DPMPTSP menyarankan agar saya mengahadap, tapi sampai saat ini saya belum menghadap, dan ternyata bangunan tambahan tersebut belum ada izinnya, " tuturnya.

Sementara itu menurut Sekertaris Camat Cibadak, Wawan Gunawan, SH, menuturkan  kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya membenarkan bahwa bangunan tambahan yang berada di lingkungan pabrik PT Daehan Global belum ada izin.

"Kita sempat menyarankan kepada pihak manajemen untuk tidak ada dulu kegiatan sebelum izin tersebut keluar, karena hal tersebut sudah menabrak Perda No 6 tahun 2017 tentang Retribusi Mendirikan Bangunan,"pungkasnya. 
Reporter : Diky

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply