Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » » » » » Asep Wahyu Wijaya Berikan Bantuan Kepada Kelompok UMKM UPK Bina Sejahtera

KAB.BOGOR-BidikNusantara 
Dalam rangka meningkatkan nilai tambah bagi para Pelaku Pembudidaya Ikan di Wilayah Kecamatan Cibungbulang, dilakukan pelatihan bagaimana menghasilkan produk yang berbahan Dasar ikan memberikan nilai tambah bagi petani ikan, tidak hanya langsung di jual mentah dan konsumsi langsung melainkan di olah menjadi berbagai produk olahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti dendeng, sosis, baso, Fish Roll, otak-otak dan berbagai olahan yang berbahan dasar ikan. 

Guna memberikan gairah bagi Pelaku Usaha Pengelolaan hasil perikanan ini, Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya menyalurkan Bantuan sebanyak 6 buah gerobak untuk jualan Kepada kelompok UPK Bina Sejahtera dalam Kegiatan tersebut yang di pimpim, Kang Surya dalam pelatihan pemberdayaan UMKM yang dilaksanakan di Kampung Gunung Handeuleum, Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Senin (30/10).

Menurut AW (sapaan akrabnya) keberadaan kelompok-kelompok Usaha seperti Ini wajib di dukung oleh pemerintah, karena mereka mampu memberikan nilai tambah bagi produk perikanan sehingga tidak itu-itu saja. 

"Misalkan lele, hanya dapat di jual di Tukang pecel lele dan sebagainya, tetapi dengan dilakukan pengolahan oleh kelompok Ini mampu menghasilkan produk lain, seperti krupuk, sosis dan lain sebagainya, begitupun dengan jenis-Jenis Ikan lainnya,"Ucap AW Kepada Sejumlah Wartawan di lokasi acara. 

AW juga mengatakan, disampaing peningkatan hasil produksi olahan perikanan para anggota kelompok petani Ikan juga harus terus dilakukan pembinaan dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap hasil olahan yang di miliki agar mampu bersaing di pasaran.

"Kehadiran saya disini, selain memberikan dukungan bagi kelompok UPK Bina Sejahtera juga memberikan Bantuan berupa Gerobak dan pakan Ikan. Saya lihat Kegiatan kang Surya Ini sudah Sangat Layak diberikan dukungan dan intervensi Pemerintah Sangat di butuhkan guna meningkatkan penghasilan mereka,"katanya. 

AW juga Mengucapkan bahwa sejauh Ini bantua dari pemerintah banyak yang sia-sia dan jelas hasilnya karena di berikan Kepada yang salah, tetapi melihat perkembangan UPK Bina Sejahtera Bersama Anggota kelompoknya Sangat Layak karena butuh pengembangan untuk perluas usahanya. 

"Produk olahan yang di hasilkan UPK Bina Sejahtera Ini sudah banyak terjual di pasar-Pasar modern di Wilayah Kota, Maka dengan adanya Gerobak Ini masyarakat sekitarpun mengetahui bahwa ada produk olahan berkualitas di wilayahnya,"tandas Kang AW.

Sementara Menurut Kang Surya Ketua UPK Bina Sejahtera, dari Usaha Ini bisa menghasilkan pendapatan 26,15 persen, menyerap tenaga kerja 80 persen.

"Saat Ini kami butuh tempat dan pembedayaan,"katanya kang Surya.

Ditempat yang sama, Kepala Situ Udik mengatakan, untuk kebutuhan Usaha ini tentu banyak dana yang harus di gunakan.

"Melalui penerintah Desa Kami menawarkan untuk pemberdayaan, melalui Bumdes serta pemanfaatan penggunaan management dengan konsep kebersamaan, dan dikembalikan kemasyarakat dengan konsep terbaik dan madani, bersama mengelola anggaran desa. Sementara Saat Ini Dana yang masuk ke Desa sebesar Rp. 3,6 M masih prioritas infrastruktur,"jelasnya.

Hal lain yang diungkapkan Sekretaris Camat Cibungbulang H. Arifin, Dia menyebutkan, ekonomi rakyat harus mandiri dengan UMKM Kelompok Tani (Poktan) karena jalan kebutuhan pokok dapat terpenuhi.

"Dana hibah harus bergulir agar semua bisa berkembang, Kredit Usaha Tani (KUT) tidak Jalan, ternak habis/mati.,"katanya.
Reporter: Tim BN

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply