» » » » » » » » Ruwatan Kampung Bubulak dan Cipakel Dengan Wayang Golek

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Eksistensi budaya kasundaan Leuweung Kolot dalam rangka seren taun dan sedekah bumi yang diadakan berbarengan dengan tahun baru Islam 1439 H bertepatan tanggal 10 Muharram (lebaran yatim)Rw 01 dan Rw 05 Desa leuweung kolot, Kecamatan cibungbulang, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/09).

Acara seren tahun atau sedekah bumi adalah bukti wujud syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan hasil, upaya para petani sebagai masyarakat agraris dan masyarakat yang beradat istiadat yang islami. Acara diawali dengan Asrakalan, ngariung congcot dilanjutkan dengan santunan anak yatim piatu yang diberikan oleh H.Muhammad Romli SE dari Fraksi PPP dapil IV Kabupaten Bogor

Qasidah, jaipongan dan Acara Ruwatan Wayang Golek menjadi penutup seluruh rangkaian acara seren taun dan sedekah bumi,Tasyakur Binimah Yang bertemakan "Hayu Urang Sauyunan" (mari kita Bersama)

Abah Imong menyampaikan kaN, ini adalah gagasan bersama sebagai sebagai masyarakat yang mensyukuri nikmat dan karunia Allah SWT, dan sebagai masyarakat Petani yang berbudaya dan islami, bahwasannya dengan bergotong royong kita bisa melakukan hal apapun. 

"Ini juga buat pembelajaran anak muda bahwasannya kita memiliki seni dan budaya dari para karuhun yang memang harus dijaga dengan baik sebagai kebudayaan asli sunda, yang lebih utamanya ialah rasa kegotong royongan yang kini mulai memudar, dengan pembuktian acara ini, Anggaran acara ini murni hasil dari swadaya masyarakat dan semoga kedepan harapan kami bisa disinergikan dengan seluruh komponen yang ada, acara tahunan di desa Leuweung kolot ini" harap Abah imong,  yang di amini para Rt, Rw dan tokoh masyarakat yang hadir.

Sementara itu menurut PLT kepala Desa Leuweung Kolot Aan Rusmana, SE disela sela acara mengungkapkan, Desa Leuweung Kolot merupakan daerah pertanian Luas lahan basah/sawah 50 Ha, jadi dengan kegiatan ini kita dukung, mengingat rasa sukur atas hasil panen. 

"Kedepan kita upayakan acara ini dilaksanakan sebagai agenda tahunan, walau saat ini masih biaya swadaya dari masyarakat,"pungkas Apih Sapaan Akrab Plt Kepala desa Leuweung Kolot.
Reporter: Mily/Edi j

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply