» » » » » » » » » Gunung Munara Buhun Karuhun Siliwangi

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Gunung munara yang terletak di ketinggian ±1.119 Meter  Dari Permukaan Laut (MDPL) tampil dengan menyajikan keindahan alam dari atas gunung yang terletak di Wilayah Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Gunung ini merupakan tempat Wisata dan berziarah karena disanalah awal kehidupan masyarakat yang menurunkan keturunan kelak bernama Siliwangi. (versi panitia Ruwat Mustikaning Jagat 7 Gunung)

Gunung Munara adalah Gunung ketiga setelah Gunung sodong Kecamatan Leuwiliang, dan Gunung Eusing Desa Gobang yang merupakan Agenda Ruwat Mustikaning Jagad 7 Gunung yang dilaksanakan minggu 30/09 dengan acara Arak-arakan Dongdang, Aneka Alat dan Kesenian Tradisional yang akan dimainkan pada puncak acara ruwatan, Sedekah bumi, dan penanaman pohon.

Menurut Ki Gola, sebenarnya ini acara babakti adalah rasa bakti kita atas nikmat yang telah dianugerahi rasa, cipta, karsa bahwasannya alam semesta dan manusia, manusia dan alam semesta dan sang pencipta.

"Ini sebagai wujud syukur kita kepada tuhan yang maha Esa, juga rasa terima kasih kita kepada para karuhun disinilah awal keturunan kelak bernama Siliwangi, serta adanya ruang budaya untuk berekspresi yang sekarang ini terkemas, kita uraikan kepada masyarakat utamanya pemuda, sebagai penerus generasi yang berbudaya didalam berbangsa dan bernegara serta berketuhanan Yang Maha Esa." ucapnya

Dikesempatan yang sama Bambang Sumantri menyampaikan, dari Dewan Kesenian Kabupaten Bogor siap mendampingi kegiatan ini.

"Bahkan kita sudah dapat Award dari Original Record Indonesia (ORI) sebagai pemrakarsa melestarikan seni dan tradisi, budaya dan alam,"katanya. "Dan harus berjajar karena pajajaran sekarang pajajaran yang sudah islami,"sambungnya.

"terkait birokrasi jujur saja saya tidak takut di pecat, bahwa pemerintah belum ada pedulinya, karena seharusnya ketika kami undang, kami mengajukan permohonan, segera disambut karena kami tidak minta uang ke APBD tapi minta dukungan CSR perusahaan-perusahaan yang selama ini menggali potensi usaha yang ada di Kabupaten Bogor, agar para pelaku budaya dapat berkarya, dan tradisi tetap terjaga, kami berharap kepala Dinas Pariwisata (Rahmat Sujana) segera mengambil langkah bukan hanya slogan di program saja, " tutup Bambang Sumantri.
Reportase M.Ilyas / Edi j

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply