» » » » » » » » » Drainase Jalan Raya Bojong Gede Tersumbat, Pemdes Bojong Gede Kompak Bersihkan

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Kondisi drainase sepanjang Jalan Raya Bojong Gede, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor yang mampet membuat air meluap ke ruas jalan pada saat turun hujan mendapat perhatian dari Pemerintah Desa Bojong Gede, dengan mengintruksikan kepada LPM dan Limas untuk membersihkan.

Ketua LPM desa Bojong Gede, Joko Sutrisno menuturkan, hal itu sejak lama terjadi. Drainase yang tertutup lumpur dan sampah didepan Ruko di sepanjang Jalan Raya tersebut berpotensi menyebabkan air melimpah ke ruas jalan sehingga sering dikeluhkan oleh masyarakat terutama para pengguna jalan dan bisa menyebabkan penyakit.
Bahkan, sebelumya, setiap musim hujan kantor desa pun tak luput terendam air dari limpahan dari ruas jalan. 

"Untuk mengatasi hal itu, selain melakukan perbaikan drainase juga mengangkat tumpukan sampah dan lumpur yang menyumbat setidaknya kita lakukan setiap 2 (dua) bulan sekali,"tuturnya saat ditemui di Kantor Desa Bojong Gede, Senin (02/10/17).

Dikatakannya, meski hal itu memang bukan kewenangan pihak Pemerintah Desa, melainkan kewenangan pihak Provinsi. Namun, tindakan ini merupakan preventif untuk menghindari gangguan tersebut.

"Sebetulnya ini memang kewenangan pihak Pemerintah Provinsi, bahkan pihak desa sudah menyampaikan ke pihak terkait agar dilakukan penanganan. Tapi sampai sekarang belum ada realisasi atau tindak lanjut,"jelasnya.

Lanjut Joko mengatakan, sempitnya saluran air ditambah kurangnya kesadaran masyarakat dan pemilik toko untuk menjaga lingkungan menjadi penyebab utama penyumbat drainase sehingga air tumpah ke jalan. Karena itu, Ia menghimbau agar masyarakat terutama pemilik pertokoan selalu menjaga kebersihan dan memperhatikan lingkungan.

"Apalagi sekarang mulai musim hujan, saluran makin dangkal. Hasilnya saluran air akan terus seperti ini jika dibiarkan. Kami mengimbau kepada pemilik toko untuk memperbaiki jalan masuk ke area pertokoan yang menutupi drainase tersebut, minimal ditinggikan. Disamping itu, kami berharap agar pemerintah segera tanggap mengenai hal ini,"pungkasnya.
Reporter: Ibra/Sum

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply