Update

Bidik Channel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » DiCibadak, Rumah Bilik Bertiangkan Bambu Roboh Dan Rata Dengan Tanah Setahun Lalu

SUKABUMI-BidikNusantara
Esih Sukaesih (40), warga kampung Benda Kubang Rt 05 Rw 06 Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi ratapi nasib tinggal bersama anaknya di sebuah kontrakan sempit.

Hal tersebut berawal dari rumah milik Esih yang roboh setahun lalu, rumah berukuran 3X3 Meter dan terbuat dari bambu serta dingding yang terbuat dari bilik (anyaman banbu,-red) tersebut roboh dan rata dengan tana karena lapuk  dimakan usia.

"Rumah bilik bertiangkan Bambu itu roboh dan rata dengan tanah setahun lalu,  akibat sudah tua dan tiangnya lapuk,"ujar wanita paruh baya yang juga tak bisa melihat dari usia nya 8 tahun.

Kini dirinya pun hanya bisa mengelus dada dan hanya bisa pasrah karena harus tinggal bersama anaknya dikontrakan, dirinya pun mempunyai harapan bisa membangun rumahnya kembali namun apalah daya dengan kondisinya yang tak bisa melihat dan kehidupan anaknya yang pas pasn kini Esih hanya bisa pasrah menghadapi kenyataan.

"Harus bagaimana lagi kondisi saya yang seperti ini (tak bisa melihat, -red) dan di usia saya sudah tak muda lagi ini, saya hanya bisa berangan angan bisa membangun rumah kembali,"tambahnya sambil berlinang air mata.

Sementara itu menurut Hidayat (45), Menjelaskan bahwa Esih sudah setahun ini hidupnya mengontrak rumah yang sebulan harus bayar Rp 400.000 rupiah itupun dibantu anaknya yang kerja disalah satu pabrik yang mana hidupnya pas pasan untuk makan sehari-hari Esih pun hidupnya harus pontang panting mencari rejeki tambahan.

"Setahun lalu sewaktu rumah Esih roboh sudah diusulkan dan pihak Pemerintah akan segera membantunya, akan tetapi hingga saat ini bantuan untuk esih tak kunjung tiba,"ujarnya kepada bidiknusantara.com di lokasi.

Seperti halnya Hidayat, salah satu tokih pemuda sekitar Nandang (28) , menuturkan dengan janji Pemerintah yang sampai saat ini belum ter wujud dirinya mengharapkan bantuan kepada masyarakat yang Dermawan, "Semoga ada hati dermawan yang dapat membantu Esih yang sejak kecil tak bisa melihat ini untuk bisa membangunkan rumahnya agar kehidupan Esih terbantu dan dapat meringankan penderitaannya,"ucapnya.

Selain berkeinginan membangun rumah Esih, Nandang pun berharap kepada orang yang terketuk hatinya ataupun Pemerintah agar di kampungnya dibangunkan sarana MCK serta fasilitas sekolah agama yang layak, "Kita dapat lihat masyarakat kami disini kebanyakan hanya bekerja sebagai buruh kasar jadi kami hanya bisa untuk bertahan hidup sehari hari serta berharap adanya bantuan dari orang orang yang terketuk hatinya ataupun dari Pemerintah,"pungkasnya.
Reporter : Isep Panji

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply