» » » » » » » » Di Kegiatan GTP, Camat Bogor Utara Himbau Warga Jaga Lingkungan

BOGOR KOTA-BidikNusantara
Dalam sepekan ini, Bogor dan sejumlah wilayah lain di Jawa Barat dilanda hujan deras disertai angin kencang, banjir dan longsor. Seperti yang terjadi di Pangandaran, puluhan rumah rusak dan terendam banjir serta sejumlah penduduk meninggal dunia. Hal itu menjadi peringatan bagi daerah lainnya termasuk Kota Bogor.

Camat Bogor Utara, Atep Budiman mengingatkan warganya untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan disekitarnya.

"Kepedulian tersebut bisa melalui kerja bakti, termasuk penanaman pohon untuk serapan air hujan sekaligus penahan tanah yang labil agar tidak sampai terjadi longsor," tuturnya saat menghadiri kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Gerakan Tanam Pohon (GTP) diwilayah RW 07, Kelurahan Tanah Baru, Kota Bogor, Minggu (08/10/17).

Menurutnya, kepedulian dan kebersamaan masyarakat dalam menyikapi lingkungan perlu dibiasakan mengingat sejumlah wilayah di Kecamatan Bogor Utara menjadi langganan banjir saat musim hujan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor yang juga Inisiator GTP Heri Cahyono menuturkan, kontur tanah di Kota Bogor berbukit dan bertebing. Dengan kondisi itu, perlu sentuhan pohon untuk menahan kontur tanah agar tidak longsor.

"Untuk penahan longsor bisa saja dibangun talud atau Turap Penahan Tanah (TPT), namun perlu pendanaan yang tinggi dan proses penganggarannya perlu waktu yang cukup lama," tutur Heri Cahyono.

Menurutnya, memperbanyak penanaman pohon di Kota Bogor, sangat penting. Selain bisa mengatasi tantangan dari ancaman  longsor, pohon tersebut bisa menjadikan udara lebih segar dan bisa diambil buahnya serta memiliki estetika.

"Kita berharap masyarakat di Kota Bogor dapat mendeteksi dan melaporkan tempat-tempat yang berpotensi longsor agar segera diambil tindakan," ungkapnya.

Ia menyebutkan, di RW 07 ini memerlukan penanaman pohon. Karena itu dalam gerakan menanam pohon yang ke 153 ini, GTP melakukan penanaman 25 pohon buah dan pohon keras diwilayah tersebut. 
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply