Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » » Camat Dramaga Resmikan Pasar Desa Purwasari

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dalam rangka meningkatkan Ekonomi dan daya beli masyarakat dari hasil tani, keberadaan Pasar Sangat di butuhkan guna sebagai penggerak ekonomi, karena dengan keberadaan pasar nilai tukar rupiah di Wilayah tersebut akan semakin meningkat seiring meningkatnya daya jual beli masyarakat, guna mengoptimalkan hal tersebut diatas, Camat Dramaga, Baehaki meresmikan pembangunan Pasar Desa Purwasari di dampingi oleh Muspika Dramaga, Kamis (26/10). 

Menurut Baehaki dengan diresmikanya pasar ini, diharapkan dapat membuka pintu pasar rakyat yang mengoptimalkan komoditas pertanian yang ada di Dramaga khususnya di desa Purwasari.

"Pasar ini adalah pintu pembuka berkembangnya pasar rakyat di Dramaga, sehingga hasil komoditas pertanian khususnya di Purwasari dapat di tampung di pasar ini, karena kita sudah memulai pengoptimalan pasar yang mengedepankan prodak lokal di wilayah, sehingga percepatan perekonomian masyarakat desa bisa terealisasi," kata Baehaki bidiknusantara.com.

Sementara itu Kepala Desa Purwasari, Yusuf Mustofa menyampaikan bahwa Pasar tersebut adalah salah satu objek yang didanai oleh Dana Desa yang dikucurkan pemerintah Pusat.

Pasar tersebut adalah wujud kerjasama antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan pihak pemilik tanah, dengan pembagian 10 persen untuk keperluan masyarakat dalam pemusaraan jenazah dan sisanya akan dibagi dua.

"Hasilnya kita akan bagi 10% untuk keperluan masyarakat, untuk keperluan pemusaraan jenazah, pembayaran upah para pegawai pasar dan sisanya akan kita bagi dua antara BUMDes dan Pihak pemilik tanah," ujarnya.

Selain itu saat disinggung tentang pengelolaan sampah pasar tersebut, Yusuf menjelaskan bahwa BUMDes akan memfasilitasi pengolaan sampah mejadi Komoditas Ekonomi, dengan membuat bank Sampah yang akan dikelola oleh BUMDes.

"Kita dapat memilah milih sampah tersebut, sehingga dapat dijadikan Komoditas Ekonomi yang dikelola oleh BUMDes, lewat Bank Sampah," ujarnya.

Selain itu Kepala Desa juga menjelaskan bahwa akan dilakukan pembagian tanaman seperti Palawija dan lainya kepada masyarakat per RW.

"Yang nantinya masyarakat dapat menghasilkan komoditas pasar sendiri, yang akan dijual di pasar tersebut,"pungkasnya.
Reporter: M Ilyas/ Edi J.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply