Ads




» » » » » » » » Beberapa Kejanggalan Dalam Pilkades Cijalingan, Kuasa Hukum Tiga Calon Kepala Desa Somasi Panitia Pilkades

SUKABUMI-BidikNusantara 
Puluhan warga dari tiga calon Kepala Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan yang berbondong bondong mendatangi dan ontrog kantor Kecamatan Cicantayan yang menduga adanya kejanggalan dalam Pemilihan Kepala Desa Cijalingan pada Minggu (22/10/17) masih menunggu kepastian.

Puluhan warga Desa Cijalingan ini melayangkan somasi pertama kepada panitia pilkades yang mana adanya beberapa kejanggalan terkait pemilihan Kepala Desa Cijalingan, " Kami melayang surat somasi kepada pihak Panitia Pilkades Cijalingan, karena kami menemukan beberapa kejanggalan pada Pilkades tersebut, " ujar Hera Iskandar, Kuasa Hukum Ketiga Calon Kepala Desa.

Kami layangkan Somasi pertama dengan menuntut tiga poin diantaranya 1.meminta klarifikasi mengenai kecocokan jumlah surat suara antara sebelum perhitungan dan setelah perhitungan, 2.meminta klarifikasi mengenai surat suara yang dinyatakan tidak sah/blangko sebanyak 86 surat suara, untuk dibuka, diperiksa ditelaah kembali, karena sebagian dalam blanko tersebut terdapat pencoblosan ganda yang ironis terdapat pencoblosan kepada nomor urut 2 ,3 dan 5. Dan 3.meminta klarifikasi terhadap salah satu anggota panitia (petugas perhitungan suara).

"Kita ingin secepatnya mendapatkan jawaban dengan apa yang kita tuntut, karena hal tersebut jelas harus menjadi sorotan penting bagi semua pihak,"tambahnya.

Sementara itu menurut Kepala Bidang (Kabid) Tata Administrasi Pemerintahan Desa, DPMD Kabupaten Sukabumi, Hari riady menuturkan setelah melakukan audensi tadi kami sepakat dengan panitia tingkat Desa maupun mustika tingkat Kecamatan akan melakukan pertemuan ulang dengan diadakan pada hari Kamis jam 09.00 WIB.

"Ya pasti akan diadakan pertemuan berikutnya kepada seluruh calon untuk hadir 5 orang calon berikut panitia Pilkades secara lengkap dan BPD setingkat Desa cijalingan juga akan diikuti musyawarah, termasuk dihadiri langsung dan diketahui oleh muspika,"terangnya.

Semua tuntutan akan kita akomodir seperti  berkeinginannya untuk membuka surat suara sebanyak 86 yang dianggap tidak sah namun kami kembalikan lagi apakah Sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani oleh masing-masing para calon harus disetujui.

" Karena kami sendiri pada saat pelaksanaan Pilkades dilakukan serentak di Kabupaten Sukabumi jadi kami tingkat kabupaten tidak bisa memantau secara utuh pelaksanaan pilkades ini dan kami akan melakukan penijauan terlebih dahulu, " tambahnya.

Kalau kejanggalan ini sifatnya teknis yang dipersoalkan dan sementara tuntutannya adalah teknik pelaksanaan Pilkades tentunya hal tersebut tidak masuk kepada kami, "Kita akan tinjau ulang hal tersebut kalau hal tersebut memang ada hal yang sifatnya masuk ke ranah hukum pastinya kita akan membawanya ke pihak yang berwajib,"pungkasnya. 
Reporter : Diky/Isep

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply