» » » » » » » Peringati 10 Muharram Desa Kalong Liud Gelar Berbagai Kegiatan Keagamaan

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 10 Muharam 1439 Hijriyah, Pemerintah Desa Kalong Liud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan seren taun atau sedekah bumi melalui acara karnaval tumpeng dan karnaval dongdang, bertempat di Halaman Kantor Desa Kalong Liud, Sabtu (30/9/18). 

Acara yang mengangkat tema 'Dengan Semarak Tahun Baru Islam, Kita Tingkatkan keimanan dan Ketaqwaan Demi Tegaknya Syiar Islam' ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga malam hari, diikuti ratusan masyarakat dari 46 RT dan 11 RW diwilayah yang terbagi  3 (tiga) Dusun di Desa Kalong Liud.

Selain karnaval tumpeng dan dongdang, acara tersebut juga diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya, lomba MTQ Cabang Murrotal kategori anak-anak, MTQ Cabang Tilawah kategori remaja, Pildacil kategori anak-anak dan remaja serta lomba adzan antar ketua RT dan RW se-Desa Kalong Liud dengan jumlah keseluruhan sebanyak 99 peserta. 

Selain ratusan masyarakat, hadir pada kesempatan itu, Jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Nanggung, Danramil 2125 Nanggung, Perwakilan dari Polsek Nanggung, Camat Nanggung Muliadi, Staf dan Kepala Desa Kalong Liud, Para Ketua RT dan RW se-Desa Kalong Liud, Tokoh Ulama dan Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kalong Liud, Jani Nurjaman dalam sambutannya menuturkan, kegiatan yang di prakarsai oleh panitia dari Karang Taruna, MUI Desa serta unsur Ketua RT dan RW ini yang pertama kali dilaksanakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam.

"Kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. Dengan tujuan untuk melestarikan budaya yang hampir punah, agar generasi muda mengetahui bahwa pawai dongdang ini merupakan salah satu budaya di Kabupaten Bogor," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam rangka tahun baru ini pihaknya mengakomodir dan menjaring berbagai potensi yang ada di Desa Kalong Liud terutama dalam kegiatan keagamaan. 

"Disamping kegiatan pawai dongdang dan perlombaan, dalam kegiatan ini juga Pemdes Kalong Liud menyelenggarakan bakti sosial dengan membagikan santunan kepada 138 anak yatim di Desa Kalong Liud," tambah Jani Nurjaman.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat di Desa Kalong Liud atas dukungannya sehingga kegiatan ini terkalsana dengan sukses.

"Kami atasnama Pemdes Kalong Liud, mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak yang telah mendukung hingga terselaksananya kegiatan ini. Semoga Kegiatan ini merupakan awal yang baik dalam kegiatan yang akan rutin diselenggarakan ditahun-tahun berikutnya," ungkap Kepala Desa.

Dia menambahkan, bahwa Desa Kalong Liud diusulkan menjadi desa ramah lingkungan. Untuk itu, Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat di masing-masing wilayah agar lebih menjaga kebersihan lingkungannya serta agar segera membentuk kader-kader kebersihan, seperti di dusun 3 (tiga) yang sudah membentuk Bank Sampah.

"Saat ini ada 2.000 pohon mangga dan rambutan dari PT Antam yang akan diberikan kepada masyarakat melalui ketua RT untuk di tanam oleh masyarakat di masing-masing wilayah," pungkasnya.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply