» » » » » » Pemdes Pamegarsari Dan TBM Warabal Dukung Kampung Litetasi

KAB BOGOR-BidikNusantara
Dalam rangka mewujudkan pencanangan program Gerakan Indonesia Membaca dimana agar siswa Indonesia memiliki budaya membaca yang ditandai dengan adanya program membaca berkelanjutan (sustainable) yang diikuti dengan tingginya tingkat baca buku di sekolah dan di masyarakat.

Pemerintah Desa Pamagersari,  Kecamatan Parung, bentuk Kampung Literasi yang diikuti oleh Camat, TP-PKK Desa , Ketua Pokja-Pokja PKK, Ketua RW se-Desa, Ketua Posyandu Desa, Ketua Karang Taruna, dan Kepala TK dan PAUD.

Kegiatan kampung literasi merupakan perwujudan dari program Kemendikbud, dimana telah menunjuk 16 kabupaten/kota Indonesia menjadi penggerak Literasi dalam bentuk Kampung Literasi.

Camat Parung, Daswara Sulanjana mengakui masih rendahnya minat baca di kalangan masyarakat, sehingga pencanangan kampung literasi menjadi sebuah gerakan penting untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat.

"Peluncuran yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, yang bekerja sama dengan TBM Warabal ini menjadi sangat penting, dan saya juga ingin mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Gerakan Indonesia Membaca melalui kampung literasi ini,"terang Camat kepada awak media, Senin (18/09).

Masih kata Camat, dengan adanya Kampung Literasi diharapkan kecerdasan masyarakat bertambah. "Membaca adalah jendela dunia. Oleh karena itu, minat baca masyarakat haruslah didorong dan dikembangkan, sehingga mereka lebih berpengetahuan, berbudaya, maju, dan mandiri. Salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca adalah program Gerakan Indonesia Membaca (Literasi) maka dengan adanya program pencanangan kampung Literasi dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sebagai tahapan terwujudnya budaya baca,"tambahnya.

Akmad Djamaludin Selaku kepala desa berharap semua elemen masyarakat mendukung dan berperan aktif dalam menghidupkan giat di kampung literasi. "Insan yang unggul bukan hanya yang mengandalkan kekuatan dan bagus saja, melainkan insan yang siap dengan gejala perubahan di sekitar. Semoga kita dapat menghadapi perubahan dengan bekal ilmu yang didapat dari membaca maka saya harap Taman Bacaan Masyarakat yang sudah ada yaitu TBM Warabal menjadi sarana untuk menambah ilmu maka kita harus bersama - sama untuk membantu eksistensinya dimasyarakat sebagai bagian dari kampung literasi,"terang kades.

Sementara Kiswanti selaku pemilik TBM Warabal mengaku senang dengan program pencanangan kampung literasi dirinya menilai pendidikan sebagai aspek penting dalam membangun karakter masa depan bangsa.

"Kegiatan membaca (teks, literatur) yang dibiasakan sejak dini dapat merangsang kreatifitas dan semangat rasa ingin tahu seseorang. Namun tidak semua kalangan di negeri ini dapat merasakan kemudahan memperoleh buku atau jenis literatur lainnya. Kesulitan ekonomi, sulitnya akses menuju literasi, persaingan dengan aneka hiburan lain (game center) ataupun masih tak terjangkaunya harga buku maka dengan adanya kampung literasi maka nantinya anak - anak maupun orang dewasa akan gemar membaca, namun itu perlu bantuam pemerintah desa sebagai pemilik kebijakan desa," ujarnya.
Reporter: Supriatna

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply