Sungai Cidepit Di Penuhi Sampah Warga, Akibat Kurangnya Fasilitas Pembuangan Sampah

Sungai Cidepit Di Penuhi Sampah Warga, Akibat Kurangnya Fasilitas Pembuangan Sampah

Bidik Nusantara
Rabu, 23 Agustus 2017

www.bidiknusantara.com
Kondisi Saluran Air Kali Cidepit
BOGOR KOTA-BidikNusantara
Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih terlihat sangat kurang, terbukti aliran air sungai yang seharusnya di jaga kebersihannya berubah menjadi tumpukan sampah seolah sungai atau kali sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) gratis bagi warga disamping tidak terlihat adanya tempat pembuangan sampah yang di sediakan untuk menampung sampah warga, alhasil sampah-sampah tersebut memenuhi aliran kali.

Hal ini seperti terlihat di saluran kali yang berada di wilayah Gang Caringin, Gang Mangga Semplak RT 03 RW 09, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Dari pantauan wartawan media ini hingga hari ini (Rabu 23/08/2017) warga hanya bisa membuang sampah sampah ke sungai, khususnya di lingkungan RW 09 Kelurahan Semplak Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Program Bogorku Bersih yang di gembor gemborkan Pemerintah Kota Bogor seakan tidak sama sekali menyentuh Sampah sampah rumah tangga semua di buang ke aliran sungai, karena sudah tidak ada pilihan lain untuk warga.

Hal ini seperti pembiaran atau ketidakpedulian sehingga menjadi kebiasan warga sekitar untuk tidak memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Warga RT 03 RW 09 Kelurahan Semplak, Sherly mengungkapkan bahwa warga sekitar sudah terbiasa membuang sampah di salurah air.

"Warga disini sudah dari dulu hanya bisa buang sampah ke kali mas, ya mau gimana lagi masa mau di tampung di teras rumah atau di timbun dikamar tidur sih,"cetusnya.

Di sini katanya, sudah bertahun tahun semua warga cuma bisa buang sampah ke kali Cidepit. Soalnya nggak ada tempat penampungan sampah, dan juga petugas kebersihan yang mengangkut sampah kesini.

"Warga sih sadar,  itu tidak baik buat lingkungan, tapi apa mau dikata mesti gimana lagi,"keluhnya.

Dini, yang juga warga RT 03 RW 09 Kelurahan Semplak Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor mengungkapkan juga bahwa dirinya sebenarnya sadar bahwa buang sampah di aliran sungai salah tetapi tidak ada pilihan lain.

"Saya sih sadar buang sampah ke aliran sungai itu salah, tapi tolong juga dong di perhatikan harus di buang kemana lagi ini,"selorohnya.

Kalau ada tempat pembuangan sampah dan Petugas sampah tidak mungkin ada warga yang buang sampah di aliran sungai.

"Iya kalau ada tempat pembuangan yang dekat rumah dan juga ada petugas sampah yang masuk ke sini buat angkut sampahnya ,pasti warga disini juga nggak bakal buang ke sungai,"ucapnya.

Padahal beberapa waktu lalu PSDA bekerja sama dengan GP3A, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor telah melakukan pengangkatan tumpukan sampah di saluran irigasi wilayah Rancabungur yang merupakan aliran air kali Cidepit.
Reporter: Red BN