» » » » » » » » Ruwat 7 Gunung Akan Kembali Di Gelar Di Gunung Eusing Desa Gobang Rumpin

www.bidiknusantara.com
Gunung Eusing, Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor
KAB.BOGOR-BidikNusantara
Setelah dilakukan kegiatan Ruwat 7 Gunung yang di lakukan di Gunung Pertama yaitu Gunung Sodong yang berlokasi di Desa Karehkel Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor pada tanggal 29-30 Juli 2017 kemarin, kini kegiatan yang bertemakan "Ruwat Mustikaning Jagat Rahyang Giri Purwa Tujuh Gunung" kembali akan dilaksanakan di Gunung Eusing, Desa Gobang, Kecamatan Rumpin pada Tanggal 26-27 Agustus 2017 mendatang.

Demikian diungkapkan Konsultan Produksi dalam kegiatan Ruwat Tujuh Gunung, Bambang Sumantri seperti di sampaikan kepada bidiknusantara.com mengenai rangkaian kegiatan Ruwat Tujuh Gunung.

Bambang Sumantri yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Kesenian Kabupaten Bogor ini, Ruwat tujuh Gunung adalah sebuah makna filosofis hidup dimana sebagai manusia kita harus bisa menjadi juru rawat dalam kehidupan dimana sama usia sebagai mahluk yang sempurna dan harus memiliki tingkat kesadaran akan rasa syukur terhadap sang pencipta.

"Gunung adalah simbol sisi kehidupan manusia disanalah memberi kehidupan dan jadi cerminan bagi diri manusia, tanpa alam dan mahluk lainya manusia bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa,"katanya.

Inti dari 7 ini katanya, adalah sebuah kekuatan yang tak bisa kita prediksi karena rahasia sang pencipta 7 lapis langit, 7 lapis bumi yang harus kita ruwat rawat rumat. Bambang juga ingin memberikan gambaran kepada masyarakat Bogor dan Indonesia pada umumnya agar selalu menjaga alam dari eksploitasi yang berlebihan sehingga akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

"Kepada masyarakat kita harus menjaga dan merawat lingkungan jangan hanya bisa menebang kalau tak mampu menanam dan jangan hanya bisa mengeksploitasi alam tanpa bisa merawatnya terutama memsyukuri atas Karunia Tuhan,"tegasnya.

Bambang juga menjelaskan, inti dari kegiatan Ruwat Mustikaning Jagad adalah sebagai kearifan lokal penunjang pengembangan potensi wisata dan citra rasa Nusantara.

"Terutama sebagai spirit buat kita, Cinta Tanah Air dan Bangsa,"pungkasnya.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply