Puluhan Siswa Histeris Ketika Akan Di Suntik

Puluhan Siswa Histeris Ketika Akan Di Suntik

Bidik Nusantara
Kamis, 10 Agustus 2017

BOGOR KOTA-BidikNusantara
Memasuki pekan imunisasi MR dibulan Agustus bagi anak 1 hingga 15 tahun, Dinas Kesehatan Kota Bogor setelah melakukan sosialisasi kemasyarakat tentang pentingnya imunisasi Rubela bagi anak.

Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerja sama dengan seluruh kader posyandu serta Dinas Pendidikan khususnya SD/MI hingga SMP/MTs sekota Bogor, langkah ini diambil agar lebih efisien dan tepat sasaran.

Bahkan ketika pelaksanaan imunisasi MR di MI Nurul Amal yang berlokasi di Jalan Kencana 2 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, yang diselenggarakan oleh Paskes Puskesmas Kayumanis sempat dibuat kerepotan para petugas maupun para dewan guru dan orang tua siswa.

Pasalnya sang anak banyak yang menangis hingga histeris ketika akan mendapatkan giliran imunisasi Rubela, hingga sampai dibantu oleh para orang tua hingga dewan guru untuk menenangkannya.

"Mereka (para siswa) banyak yang menangis karena takut dengan jarum suntik, oleh karena itu ini harus kita dampingi bersama para orang tua agar mereka bisa disuntik imunisasi Rubela " terang Dede Herawati, Guru MI Nurul Amal, Kamis (10/8).

Imunisasi Rubela ini lanjutnya, diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas persiapan hingga kelas enam. "Ini program kesehatan bagi anak dari pemerintah yang harus kita dukung, agar semua siswa kita sehat dan kebal terhadap penyakit, "tambahnya.

Salah seorang orang tua wali murid Dian ketika ditemui Bidiknusantara.com menuturkan, anaknya menangis karena takut di suntik.

"Anak saya juga nangis pak....takut disuntik, terpaksa harus saya pegangin sama bu guru agar tidak berontak, karena imunisasi Rubela ini penting bagi anak, makanya ketika saya dapet surat edaran dari sekolah tentang imunisasi ini langsung saya setujui, inikan demi kesehatan anak saya juga kedepannya, " terangnya.

Sementara ketua kelompok tugas imunisasi Paskes Puakesmas Kayumanis Bidan Endah yang didampingi Perawat Susi menerangkan, program imunisasi Rubela ini mulai dari  anak usia 1 tahun hingga usia  15 tahun, karena diusia tersebut adalah usia sekolah jadi kita dahulukan mereka dengan mendatanginya kesekolah - sekolah.

"Sementara target sekolah yang terdata di paskes Kayumanis ada 48 namun banyak sekolah swasta juga yang mau ikut program imunisasi Campak dan Rubela ini, dan kini sudah tercatat sebanyak 51sekolah. Kemungkinan angka ini akan terus bertambah, imunisasi Rubela ini harus selesai dibulan Agustus, dan dibulan September kita sudah harus mengarah ke Posyandu,"pungkas Endah.
Reporter  : Supriatna.