Prilaku Camat Tak Mencerminkan Seorang Aparatur Negara - Bidik Nusantara

Senin, 14 Agustus 2017

Prilaku Camat Tak Mencerminkan Seorang Aparatur Negara

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Perilaku Camat Tamansari, Kabupaten Bogor, Ahmad Sofyan, sangat tak mencerminkan seorang aparatur negara. Pasalnya, pejabat pembantu Bupati Bogor di wilayah itu terkesan berperilaku premanisme pantaran diduga menganiaya Sekretaris Camat (Sekcam) Taman Sari yakni, Ridwan.

Informasi yang dihimpun, peristiwa tindakan tak terpuji ini terjadi pada Jumat (11/8/2017) pukul 09.00 WIB. Peristiwa memalukan masyarakat dan Bupati Bogor beserta jajaran itu terjadi di ruangan Sekcam Taman Sari tersebut.

Kronologis kejadian berawal saat Sekcam Ridwan berniat mengumpulkan staf kecamatan untuk keperluan rapat. Namun tiba-tiba Camat Ahmad Sofyan datang dan dengan arogansinya marah-marah melarang rapat tersebut.

Cekcok mulut pun terjadi. Camat lantas naik pitam dan memukul Sekcam di bagian muka sebanyak empat kali. Akibatnya Sekcam menjadi korban, pada bagian wajah dan mulutnya mengalami luka.

Sekcam yang tak terima dengan perlakukan Camat lantas melaporkan kejadian ini ke Polres Bogor. Dalam hal ini korban pidana yakni Sekcam Ridwan telah meminta bantuan hukum Sembilan Bintang & Partner's, dengan diprakarsai oleh Direktur Eksekusinya Anggi Triana Ismail sebagaimana surat kuasa nomor 112 / SBLF/ SKK.Pid/VIII/2017.

"Ini persoalan yang serius. Karena pelakunya adalah seorang camat, seorang pejabat publik. Perilakunya tidak memberikan suri tauladan yang baik. Pelaku telah mengkhianati sumpah dan janjinya selaku aparatur sipil negara. Kami akan terus mengawal kasus ini hingga ke Kejaksaan sampai Pengadilan," kata Anggi Triana.

Menurut Anggi, tindakan hukum yang dilakukan camat ini jelas merupakan kejahatan yang telah diatur didalam Pasal 351 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana 2,8 tahun penjara.

"Penegakan hukum harus ditancapkan setegak-tegaknya, supaya kelak para aparatur sipil negara yang memiliki jubah pengayom masyarakat ini, mampu menghormati supremasi hukum dan menyadari diri sebagai pejabat publik sebagai figur mulia," tandas Anggi Triana.

Sekedar informasi, Camat Tamansari Ahmad Sofyan sejak lama kerap terlibat masalah. Sekitar satu tahun lalu, Ahmad Sofyan didemo oleh para Kepala Desa lantaran berupaya membubarkan Paguyuban Kepala Desa. Camat nyaris adu jotos dengan para Kepala Desa saat itu.

Pada saat bersamaan, Camat Tamansari juga mengusir puluhan wartawan yang sedang bertugas meliput kejadian.
Selain itu, Camat Tamansari juga pernah kisruh saat diduga memerintahkan pembongkaran masjid.
Reporter: Sumburi
Comments


EmoticonEmoticon